Menpora Harap Suporter Bisa Aktif Membangun Ekosistem Sepak Bola Indonesia

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 13 Juni 2024 | 13:45 WIB
Menpora bertemu dengan  Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia. (Foto/Kemenpora).
Menpora bertemu dengan Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia. (Foto/Kemenpora).

BeritaNasional.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menginginkan suporter klub di Indonesia bisa terlibat aktif dalam membangun ekosistem persepakbolaan tanah air.

Hal itu dikatakan Dito usai melakukan pertemuan dengan Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Dito mengatakan, saat ini suporter dari tim sepak bola spektrumnya tidak hanya terbatas untuk menonton bola saja, tetapi sudah menjadi kultur dan ekosistem kehidupan khususnya untuk anak muda.

"Saya yakin jika suporter telah melakukan transformasi saya yakin owner club akan bisa lebih senang dan akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme yang lebih kuat lagi. Jadi, saya komitmen bagaimana peran Kemenpora memperkuat SDM dari presidium dan seluruh anggotanya," ujar Dito dilihat dari laman Kemenpora, Kamis (13/6/2024).

Diungkapkan Dito, dengan guyubnya sesama suporter di Indonesia bisa menjadi bagian untuk membina generasi muda. Sehingga dia berharap, para suporter bola ini bisa aktif terlibat dalam membangun ekosistem sepak bola Indonesia.

"Saya rasa guyubnya antar suporter bisa menjadi salah satu tujuan kita di Kemenpora untuk mengajak para suporter ini menjadi bagian pembinaan dari generasi muda itu sendiri baik dari presidiumnya hingga anggotanya. Presidium hingga anggotanya bisa ikut terlibat aktif dari kegiatan suporter klub bola. Nanti programnya bisa memadukan dengan program pembinaan anak muda lainnya," urai Dito. 

Selain itu, Dito berharap peran suporter sepak bola bisa dikembangkan sejalan dengan program yang ada di Kemenpora, agar kedepan suasana sepak bola akan ramah untuk perempuan dan anak kecil.

"Saya sepakat dan antusias menyambut khususnya para suporter bisa tap in di berbagai program Kemenpora. nanti kita juga pasti akan melakukan advokasi dan saya rasa kawan-kawan harus yakin federasi saat ini PSSI di bawah Pak Erick Thohir semangatnya sangat transformatif dan beliau ingin untuk menciptakan suasana kejuaraan liga yang friendly khususnya untuk anak kecil dan perempuan," paparnya.

"Semoga pertemuan hari ini adalah pertemuan pertama dan bukan yang terakhir dan kita menantikan tindak lanjut konkritnya. Semoga setelah kongres bisa dari presidium ini selesai saya harap ini bisa tindaklanjut dan bisa kita buat percontohan agar progresnya jelas dan menjadi contoh yang lainnya," tambah Dito.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: