Pengamat Duga Kaesang Bakal Jadi Bacawagub Anies di Pilkada Jakarta 2024

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 16 Juni 2024 | 12:10 WIB
Kaesang dalam sebuah kesempatan (Beritanasional/Lydia)
Kaesang dalam sebuah kesempatan (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Pengamat Politik UIN Jakarta Zaki Mubarak menduga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep Bakal menjadi bakal calon wakil gubernur dari eks Capres Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu dia ucapkan untuk menyoroti soal kemungkinan Kaesang dan Anies Bakal berhadapan dalam pertarungan politik di Jakarta.

Zaki justru menduga keduanya tidak akan bertarung, akan tetapi berduet karena sudah banyak partai politik yang mendukung dua tokoh tersebut untuk bertarung bersama sebagai pemimpin Jakarta.

“Dugaan saya, Kaesang akan menempel dengan Anies sebagai bacawagub. Beberapa parpol sudah di lobby untuk memaketkan dua nama itu,” ujar Zaki kepada Beritanasional.com, Minggu (16/6/2024).

Menurut Zaki, dua partai yang kemungkinan besar mendukung dua tokoh tersebut adalah PSI dan PKB.

“PSI sangat senang dengan paket itu, PKB juga telah ikut mempromosikan,” tuturnya. 

Sebelumnya, Kaesang menanggapi positif usulan dirinya dipasangkan dengan Anies. Dia mengaku tidak ada masalah berpasangan dengan mantan gubernur Jakarta itu.

"Ya enggak masalah, saya kira itu juga baik," kata Kaesang.

Ketika ditanya memilih mendampingi Anies atau Ridwan Kamil, Kaesang menjawab dengan tegas memilih Anies. 

Sebab, Anies adalah pilihan realistis untuk memenangi Pilgub Jakarta. Elektabilitas Anies lebih tinggi daripada Ridwan Kamil.

"Ini saya belum bisa, saya kan juga belum dicalonkan juga dan kalau misalnya melihat survei ya paling realistis dengan Pak Anies," katanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: