Klasemen Grup D Euro 2024: Austria Peringkat Pertama, Salip Prancis dan Belanda

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 26 Juni 2024 | 07:05 WIB
Timnas Austria di Euro 2024. (Foto/eufa.com).
Timnas Austria di Euro 2024. (Foto/eufa.com).

BeritaNasional.com - Terdapat kejutan di hasil akhir klasemen Grup D Euro 2024 setelah matchday terakhir fase penyisihan. Di mana, di luar dugaan Austria keluar sebagai juara Grup D menyalip Prancis dan Belanda.

Pada matchday terakhir Grup D yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Selasa (25/6/2024) malam, Austria berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 3-2.

Sejak menit 6, Austria sudah unggul melalui gol bunuh diri Donyell Malen. Kemudian, Belanda baru bisa membalas gol ke gawang Austria di babak kedua melalui Cody Gakpo tepatnya di menit ke-47.

Namun, Austria kembali memberikan respons alias mencetak gol ke gawang Belanda setelah Romano Schimd pada menit ke-59. Austria pun unggul 2-1 dari Belanda.

Belanda membalas lewat gol Memphis Depay di menit ke-75. Akan tetapi, Marcel Sabitzer menjadi penentu kemenangan Austria setelah mencetak gol di menit ke-80. Tentunya hasil ini membuat anak asuh Ralf Ragnick berada di puncak klasemen Grup D menyalip Prancis dan Belanda.

Di partai lainnya, Prancis bertemu dengan Polandia harus berakhir imbang 1-1. Bermain di BVB Stadion, Selasa (25/6/2024) malam, Kylian Mbappe dan Robert Lewandowski sama-sama mencetakan namanya di papan skor.

Prancis baru bisa mencetak gol di menit ke-56 melalui Kylian Mbappe usai penaltinya tak bisa dibendung oleh kiper Polandia Skorupski. Polandia membalas gol usai Lewandowski juga mencetak gol melalui titik putih di menit ke-76.

Walau begitu, peringkat satu sampai tiga dari Grup D melenggang ke 16 besar. Austria dan Prancis lolos dengan status juara dan runner up Grup D. 

Sementara, Belanda ke fase gugur dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik. Posisi Tim Oranye sudah pasti tak mungkin terlempar dari empat besar di klasemen peringkat ketiga terbaik.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: