Masuk Bursa Capim KPK, Kapolda Metro Ngaku Tak Punya Ambisi

Oleh: Mufit
Kamis, 27 Juni 2024 | 12:06 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto. (Foto/Divisi Humas Polri).
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto. (Foto/Divisi Humas Polri).

BeritaNasional.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto masuk dalam bursa calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia sendiri pernah bertugas di KPK sebagai Deputi Penindakan. 

Menanggapi itu, Karyoto mengaku tidak mau terlalu serius membahas mengenai bursa pimpinan KPK. Dia mengaku tidak memiliki ambisi tinggi menduduki jabatan tersebut.

"Memang ada bursanya? kalau disebut yaa seakan-silakan saja yang menyebut. Saya sendiri saya tidak terlalu berambisi ya," kata Karyoto kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Dia pun tak mau berandai-andai mengenai penugasan yang akan dijalaninya pada hari-hari ke depan. Kini dia masih fokus menjalankan tugas sebagai Kapolda Metro Jaya. 

"Nanti kita lihat ke depan ya," tutur Karyoto.

Sebelumnya, Mantan Penyidik KPK Yudi Purnomo mengatakan bahwa berdasarkan undang-undang, siapa saja dapat mendaftarkan diri sebagai capim KPK. 

Baik itu berlatar belakang Polri, Kejaksaan, hingga akademisi, atau profesional.

Termasuk kabar Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto yang merupakan mantan Deputi Penindakan KPK, disebut berkeinginan ikut mendaftar.

“Ya kita lihat aja nanti. Daftar atau enggak (Irjen Karyoto). Siapa pun bisa untuk menjadi capim KPK sesuai syarat administratif dalam UU Nomor 19 Tahun 2019," kata Yudi saat dikonfirmasi.

Pendaftaran capim dan calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK mulai dibuka per hari Rabu, 26 juni 2024. Pendaftaran dibuka hingga 15 Juli 2024. Kemudian untuk hasil administrasi akan diumumkan pada 24 Juli 2024.

Panitia seleksi (Pansel) KPK membuka pendaftaran capim dan Dewas KPK untuk seluruh kalangan masyarakat. Informasi pendaftaran lebih lengkap bisa diakses melalui media ofisial KPK.

Setelah tahap pendaftaran, Pansel KPK akan menyeleksi 10 nama capim KPK dan 10 nama Calon Dewas KPK. Nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama Pansel KPK yang berjumlah 9 orang. Kesembilan nama tersebut ditunjuk menjadi panitia dalam seleksi capim dan Dewas KPK yang tengah bergulir.

Pansel tersebut dipimpin M Yusuf Ateh dan Arif Satria sebagai Wakil Ketua. Kemudian 7 anggota Pansel KPK berisikan Ivan Yustiavandana, Nawal Nely, Ahmad Erani Yustika, Ambeg Paramarta, Elwi Danil, Rezki Sri Wibowo, dan Taufik Rachman.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: