Korut Luncurkan Rudal Balistik di Lepas Pantai Timur

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 01 Juli 2024 | 13:58 WIB
Ilustrasi peluncuran rudal (Foto/Pixabay)
Ilustrasi peluncuran rudal (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal balistik ke perairan timur Korea Utara pada Senin (1/7/2024). Hal ini diungkapkan militer Korea Selatan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, peluncuran dilakukan pada Senin, namun tidak merinci lebih lanjut, termasuk seberapa jauh jarak tempuh rudal tersebut.

Peluncuran dilakukan dua hari setelah Korea Selatan, AS, dan Jepang mengakhiri latihan trilateral multidomain baru mereka. Korea Utara menyebut latihan tersebut sebagai provokasi.

Ini pertama kali dalam lima hari Korea Utara menembakkan senjatanya. Pada Rabu (26/6/2024) lalu, negara itu meluncurkan apa yang disebut rudal multihulu ledak dalam peluncuran senjata canggih pertama yang diketahui untuk mengalahkan pertahanan rudal AS dan Korea Selatan.

Korea Utara mengatakan peluncuran itu berhasil, tetapi Korea Selatan membantah klaim itu dan menganggapnya sebagai kebohongan untuk menutupi kegagalan peluncurannya.

“Freedom Edge,” latihan militer bersama Korea Selatan-AS-Jepang, melibatkan kapal induk dan kapal perusak AS, jet tempur, dan helikopter dari ketiga negara. Latihan itu juga melibatkan pertahanan rudal, antikapal selam, dan embargo maritim.

Latihan militer ketiga negara Korsel,AS, Jepang, dinilai Korut sebagai bentuk NATO di Asia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: