Pemerintah Pastikan PDNS Kembali Normal Bulan Ini

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 01 Juli 2024 | 19:00 WIB
Ilustrasi Pusat Data Nasional. (Foto/Freepik)
Ilustrasi Pusat Data Nasional. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan layanan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 akan kembali normal pada Juli alias bulan ini.

Hal itu diungkapkan Hadi usai melakukan rapat dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

"Ini membahas terkait tindak lanjut perintah Bapak Presiden agar seluruh layanan publik dapat kembali normal pada Juli 2024," kata Hadi kepada wartawan di Kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Hadi berujar, pihaknya akan mem-backup data PDNS 2 dengan situs panas alias hot site yang berada di Batam. Sebagai informasi, hot site adalah salinan persis dari lingkungan jaringan.

Selain itu, pemerintah juga berusaha melakukan perlindungan data yang berlapis dengan cloud. Hal ini pun dipantau langsung oleh BSSN.

"Situs dingin yang ada di Batam akan mem-back up dengan meningkatkan kemampuannya menjadi hot site khusus untuk pelayanan-pelayanan yang bersifat strategis," ujar Hadi.

"Kemudian juga akan kita back up dengan cloud cadangan. Cloud cadangan ini secara zonasi, jadi nanti data-data yang sifatnya umum, kemudian data-data yang memang seperti statistik dan sebagainya itu akan disimpan di cloud sehingga tidak penuh data yang ada di PDN," tambahnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: