Hasil Euro 2024: Belgia Dipulangkan Prancis, Portugal Menang dari Slovenia lewat Drama Adu Penalti

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 02 Juli 2024 | 06:44 WIB
Timnas Portugal di Euro 2024. (Foto/uefa.com).
Timnas Portugal di Euro 2024. (Foto/uefa.com).

BeritaNasional.com - Prancis berhasil lolos ke babak perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 di babak 16 yang berlangsung di Dusseldorf Arena, Senin (1/7/2024) malam WIB.

Sejak menit awal pertandingan berlangsung dengan menarik setelah kedua tim mencoba melancarkan serangan. Namun, dari segi penguasaan bola, Prancis lebih dominan.

Beberapa peluang coba diciptakan baik Prancis maupun Belgia.Hanya saja, hingga babak pertama berakhir tidak ada yang bisa dihasilkan menjadi sebuah gol. Skor pun 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Prancis langsung menekan dan mencoba menciptakan peluang melalui Kylian Mbappe di menit ke-53. Dia melakukan aksi individu kemudian melepaskan tendangan, namun bola masih berada di atas gawang Belgia.

Belgia bukan tanpa peluang, di menit ke-70 hampir saja membobol gawang Prancis setelah Romelu Lukaku melesatkan tembakan keras. Namun Maignan masih bisa menepis bola tersebut sehingga gawang masih aman dari kebobolan.

Begitu juga dengan peluang yang diciptakan oleh Kevin De Bruyne di menit ke-83, namun tendangan kerasnya masih bisa dihalau kiper Prancis.

Akan tetapi, nasib kurang baik menimpa Belgia di menit ke-84 harus kebobolan. Gol bermula dari Ramdal Kolo Muani melakukan sepakan dan menyentuh gawang Jan Vertonghen sehingga bola berubah arah kemudian kiper tidak bisa meraihnya. Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan Prancis.

Hingga wasit meniup peluit, pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Prancis menang 1-0 atas Belgia dan lolos ke perempat final. Nantinya di perempat final Prancis akan bertemu pemenang Portugal vs Slovenia.

Sementara itu, di babak lainnya Portugal harus menang dramatis  dari Slovenia dan memastikan lolos ke perempat final Euro 2024. Bermain di Frankfurt Arena, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB, Portugal menang lewat adu penalti 3-0 dari Slovenia.

Duel antara Portugal melawan Slovenia berlangsung alot di waktu normal yakni 90 menit. Hingga pertandingan ini harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Portugal sejatinya mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol setelah wasit memberikan hadiah titip putih usai Diogo Jota dilanggar oleh pemain belakang Slovenia.

 Namun, Ronaldo yang menjadi eksekutor gagal memanfaatkan peluang tersebut karena Jan Oblak mampu membacanya dengan baik. Pertandingan pun harus beranjak ke babak adu penalti.

Drama adu penalti, Diogo Costa menjadi pahlawan bagi Portugal setelah berhasil menepis tiga tendangan pemain Slovenia. Mereka adalah Josip Ilicic, Jure Balkovec dan Verbic.

Sementara, eksekutor Portugal yaitu Ronaldo berhasil melesakkan dengan baik, begitu juga Bruno Fernandes dan Bernardo Silva. Portugal pun menang dengan skor 3-0 dan berhasil melaju ke babak perempat final euro 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: