Kaesang Respons Pemecatan Hasyim Asy'ari dari KPU: Kita Harus Menghormati

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 05 Juli 2024 | 19:04 WIB
Hasyim Asy'ari, Mantan Ketua KPU RI. (Foto/Sekretariat Presiden)
Hasyim Asy'ari, Mantan Ketua KPU RI. (Foto/Sekretariat Presiden)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memberikan tanggapannya mengenai pemecatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Dia menyerukan kepada semua pihak untuk menghormati keputusan DKPP yang memutuskan untuk memberhentikan Hasyim dari jabatannya sebagai ketua dan anggota KPU.

“Kita harus menghormati semua keputusan dari DKPP. Saya rasa itu adalah langkah yang terbaik, jadi tidak ada masalah,” ujar Kaesang di Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Jumat (5/7/2024).

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Ketua KPU, Mochammad Afifudin, memastikan bahwa semua tahapan Pilkada serentak 2024 tidak akan terganggu meskipun Hasyim telah diberhentikan oleh DKPP.

"Kami akan menghadapi Pilkada serentak 2024, dan kami ingin memastikan bahwa tidak ada tahapan yang terganggu," kata Afifudin.

Dia menambahkan bahwa KPU sedang melakukan percepatan konsolidasi untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar sesuai rencana.

"Kami sedang melakukan percepatan konsolidasi bersama Sekretaris Jenderal dan seluruh jajaran KPU di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia," tambahnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: