8.000 Pack Daging Dam Jemaah Haji Akan Dikirim ke Indonesia

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 06 Juli 2024 | 16:00 WIB
Jamaah haji (Foto/Pixabay)
Jamaah haji (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, sebagian daging dam petugas dan jamaah haji Indonesia 2024 akan dikirim ke Tanah Air.

Oleh karena itu, Muhadjir mengunjungi perusahaan pengepakan daging di kawasan Makkah, Arab Saudi.

“Kami tadi sudah mendiskusikan bermacam hal yang berkaitan dengan rencana mengirimkan daging kurban jemaah haji Indonesia. Tahun ini kita belum mengirimkan secara besar-besaran, karena masih dalam proses trial,” kata Muhadjir dalam keterangan resminya, Sabtu (6/7/2024).

Muhadjir berujar, pengiriman daging dam tahun ini telah mendapatkan izin dari Kementerian Pertanian hingga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Untuk perizinan di Indonesia, Alhamdulillah saya mengucapkan terima kasih dari Kementerian-kementerian terkait, mulai dari Kementerian Pertanian, kemudian juga BPOM, Ditjen Imigrasi semua sudah siap,” ujar Muhadjir.

"Dari BPOM juga sudah ada di sini untuk memastikan proses mulai dari penyembelihan, termasuk pengadaan kambing sampai selanjutnya jadi daging matang yang siap dikirim ke Indonesia, itu sudah dipastikan aman sesuai dengan standar,” tambahnya.

Muhadjir menegaskan, setiap proses pengepakan menjadi perhatian pemerintah untuk memastikan daging yang dikirimkan ke Tanah Air layak dikonsumsi.

"Semua dipastikan bahwa berbagai macam penyakit dan bakteri termasuk PMK (penyakit mulut dan kaki) itu betul-betul mati sehingga kita memastikan bahwa membawa daging tersebut dalam keadaan aman ke Indonesia,” ucap Muhadjir.

Selain mengunjungi tempat pengepakan daging, Menko PMK juga meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) Ukaisyiyah di Makkah. Di lokasi ini, Muhadjir melihat prosesi penyembelihan yang dilakukan.

“Kita berkewajiban untuk memastikan prosesi yang dilakukan sesuai dengan syariah dan daging hasil sembelihan diserahkan kepada yang berhak,” kata Muhadjir.

Di kesempatan yang sama, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengungkapkan bahwa pada tahun ini tercatat baru ada sekitar 6.500 petugas dan jemaah yang menyalurkan dam pada RPH yang direkomendasikan pemerintah.

Dari dam yang terkumpul, 4.500 ekor kambing disembelih dan disalurkan dagingnya di tanah suci, sementara 2.000 lainnya dagingnya akan disalurkan ke Indonesia.

“Dari dua ribu kambing tersebut selanjutnya akan dipackaging dengan cara retorch. Satu ekor kambing dipacking menjadi empat pack. Jadi total akan ada delapan ribu pack daging yang akan dikirimkan ke Indonesia. Masing-masing pack berisi 2,5 kg daging,” terang Arsad.

“Kita berharap tahun depan angka ini dapat meningkat signifikan, sehingga bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia juga,” imbuhnya.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: