Euro 2024: Belanda vs Turki Berakhir 2-1, Ada Insiden Gol Bunuh Diri dan Kartu Merah

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 07 Juli 2024 | 06:22 WIB
Pemain Timnas Belanda merayakan kemenangan atas Turki di perempat fina Euro 2024. (Foto/UEFA)
Pemain Timnas Belanda merayakan kemenangan atas Turki di perempat fina Euro 2024. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Belanda berhasil lolos ke semifinal Euro 2024 setelah menang atas Turki dengan skor 2-1 yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada Minggu (7/7) pukul 02.00 WIB dini hari.

Tim asuhan Ronald Koeman bangkit dari defisit 0-1 untuk mengalahkan Timnas Turki dengan mencetak dua gol di babak kedua.

Gol penyeimbang Stefan de Vrij pada menit ke-70 dan gol bunuh diri Mert Müldür enam menit kemudian mengubah skor menjadi 2-1 untuk kemenangan Belanda di perempat final Euro 2024.

Sebelum pertandingan, pelatih Belanda Ronald Koeman meminta para pemainnya untuk menjaga bola dan meredakan serangan-serangan Turki dalam pertandingan tersebut.

Di awal laga, Memphis Depay berhasil memanfaatkan peluang yang bagus dan melepaskan tembakan. Namun, upayanya masih gagal.

Tim berjuluk Crescent-Stars ini perlahan-lahan menguasai permainan berhasil mempersempit ruang yang dibutuhkan tim Oranje yang haus penguasaan bola dan menciptakan ancaman bola mati yang sangat membantu mereka dalam kemenangan di babak 16 besar melawan Austria. 

Terobosan Turki datang dalam situasi bola mati. Pada menit ke-35, Arda Güler melepaskan tendangan sudut yang mengarah ke Samet Akaydin. Sundulan Samet itu pun mampu membuahkan gol dan mengubah skor 1-0 untuk Turki di babak pertama.

Pelatih Turki Vincenzo Montella sebelum pertandingan telah menekankan para pemainnya untuk mengendalikan emosi. Al hasil, mereka tampak lebih tenang daripada Belanda yang gelisah selama sisa babak pertama. 

Jeda waktu memberi Koeman kesempatan untuk menghidupkan kembali Oranje. Masuknya Wout Weghorst di babak kedua diharapkan memberikan perbedaan dalam permainan Belanda.

Namun, Turki hampir menggandakan keunggulan mereka ketika tendangan bebas keras Arda Güler menyentuh sisi luar tiang gawang pada menit ke-56.

Weghorst lantas menggagalkan upaya Kaan Ayhan untuk mencetak gol setelah Bart Verbruggen menepis tendangan keras Kenan Yıldız pada menit ke-65.

Baru pada menit ke-70, sundulan Stefan de Vrij yang memanfaatkan umpan silang Depay dapat menyamakan kedudukan dan menunjukkan bahwa Oranje memiliki kehebatan dalam bola mati.

Enam menit kemudian, mereka kembali mencetak gol. Berawal dari umpan silang Denzel Dumfries yang melintasi area penalti, bola disentuh Mert Müldür yang justru mengarah ke gawang sendiri yang dijaga oleh Mert Günok.

Serangan gencar Turki di akhir pertandingan tak membuahkan hasil. Pemain pengganti Micky van de Ven mampu menghalau tendangan Zeki Çelik yang mengarah ke gawang dan penyelamatan Verbruggen di waktu tambahan dari pemain pengganti lainnya, Semih Kılıçsoy. Pada menit 90+6’ Bertuğ Yıldırım mendapatkan kartu merah.

Skor 2-1 untuk Belanda bertahan hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan. Tim asuhan Koeman berhasil lolos ke semifinal. Tim Oranje di semifinal melawan Inggris di Dortmund pada Rabu (10/7).

Susunan Pemain

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Aké (Van de Ven 73); Schouten, Simons (Zirkzee 87), Reijnders (Veerman 73); Bergwijn (Weghorst 46), Depay (Frimpong 87), Gakpo

Turki: Mert Günok; Mert Müldür (Zeki Çelik 82), Kaan Ayhan (Semih Kılıçsoy 89), Samet Akaydin (Cenk Tosun 82), Abdülkerim Bardakcı, Ferdi Kadıoğlu; Barış Alper Yılmaz, Salih Özcan (Oke Yokuşlu 77), Hakan Çalhanoğlu, Kenan Yıldız (Kerem Aktürkoğlu 77); Arda Gulersinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: