Ternyata Ini Penyebab Kaesang Belum Tentukan Sikap Maju di Pilgub Jakarta atau Jawa Tengah

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 08 Juli 2024 | 20:10 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com -  Waketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Andy Budiman mengungkap alasan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep masih menimbang-nimbang apakah bakal maju di Pilgub Jakarta atau Jawa Tengah. Kaesang masih melihat dinamika politik yang ada.

"Ya pertimbangannya tentu kita akan melihat situasi politik. Apa namanya kepentingan publik, ya dalam hal ini, apa itu dirasa penting bagi masyarakat, strategis untuk pembangunan dan sebagainya. Tentu faktor-faktor itu yang akan menjadi pertimbangan," katanya di kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Selain itu, PSI juga akan melihat hasil survei elektabilitas calon gubernur sebagai bahan pertimbangan. Saat ini, elektabilitas Kaesang sebagai calon gubernur Jawa Tengah tertinggi.

"Pasti, kalo survei pasti jadi pertimbangan ya," kata Andy.

Selain itu, PSI juga tidak ingin terburu-buru menetapkan pilihan dukungan calon gubernur. Agar bisa memilih calon gubernur yang tepat untuk diusung. Andy mengatakan, PSI bisa jadi akan mengumumkan di detik-detik akhir.

"Kita juga enggak mau mengambil keputusan terburu-buru. Kita ingin mengambil keputusan yang tepat gitu," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep angkat bicara terkait dorongan maju sebagai calon gubernur di Pilkada 2024. Kaesang didorong untuk maju di Pilgub Jakarta, bersamaan dengan itu elektabilitas putra bungsu Presiden Joko Widodo ini sangat tinggi sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

Kaesang belum mau mengungkap apakah bakal maju di Pilgub Jakarta atau Jawa Tengah. Ia meminta semua pihak untuk bersabar.

"Mengenai saya tadi, Jakarta ataupun Jawa Tengah, sabar," kata Kaesang usai pertemuan dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Ditanya lebih lanjut, Kaesang belum bicara peluangnya maju di Jawa Tengah. Meski ia bersyukur elektabilitasnya sebagai calon gubernur Jawa Tengah terbilang tinggi.

"Ya kita lihat. Tapi Alhamdulillah surveinya bagus," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: