Kata Lamine Yamal Usai Cetak Gol Indah ke Gawang Prancis di Semifinal Euro 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 10 Juli 2024 | 18:03 WIB
Pemain muda Spanyol Lamine Yamal. (Foto/uefa.com).
Pemain muda Spanyol Lamine Yamal. (Foto/uefa.com).

BeritaNasional.com - Pemain muda Spanyol Lamine Yamal mencetak gol indah ke gawang Prancis di babak semifinal Euro 2024 di Allianz Arena, Munich, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, Spanyol menang 2-1 dari Prancis.

Selain mencetak gol indah ke gawang Prancis yang dikawal oleh Mike Maignan, Lamine Yamal tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Euro. Saat bermain di partai semifinal, Lamine Yamal berusia 16 tahun 362 hari. 

Usai pertandingan, Lamine Yamal merasa senang karena mampu membawa Spanyol lolos ke final Euro 2024. 

“Saya senang kami masuk final, tetapi kami masih belum melakukan hal terpenting, yaitu memenangkan pertandingan ini,” ujar Yamal dilihat dari laman resmi uefa, Rabu (10/7/2024).

Dalam laga semifinal tersebut, Spanyol tertinggal lewat gol cepat dari Prancis. Les Bleus—julukan Prancis—unggul lebih dulu lewat Kolo Muani usai menerima umpan silang dari Mbappe di menit ke-8.

Kemudian, beberapa menit berselang La Furia Roja--julukan timnas Spanyol--tidak panik dan segera mencari gol balasan. Hasilnya, gol tercipta di menit ke-21.

Gol tersebut diciptakan oleh wonderkid Spanyol Lamine Yamal. Dia melesatkan gol indah melalui tendangan dari luar kotak penalti meluncur deras ke sisi kanan dan tak mampu dibendung oleh kiper Prancis Mike Maignan. Gol tercipta skor menjadi 1-1.

Di menit ke-25, Spanyol berbalik unggul melalui gol Dani Olmo. Tendangan keras mendatar Olmo gagal diantisipasi Jules Kounde dengan sempurna hingga bola bersarang ke gawang sendiri.

Skor 2-1 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga akhir babak pertama.

“Ada saat-saat sulit bagi kami di luar sana. Tidak seorang pun dari kami mengira akan kebobolan di awal pertandingan. (Untuk gol saya) saya membidik tepat ke sudut atas gawang tempat tendangan saya masuk. Itu adalah perasaan gembira yang murni,” katanya.

Di babak final Euro 2024 yang berlangsung di Berlin, Minggu (14/7/2024), Spanyol akan bertemu pemenang antara Belanda vs Inggris yang menjadi semifinal kedua.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: