Momen Presiden Jokowi Berhenti Tiba-tiba untuk Cek Jalan Rusak di Lampung

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 11 Juli 2024 | 16:48 WIB
Presiden Jokowi turun dan mengecek langsung jalan rusak yang dilewatinya. (Foto/BPMI).
Presiden Jokowi turun dan mengecek langsung jalan rusak yang dilewatinya. (Foto/BPMI).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada Kamis (11/7/2024) hari ini.

Jokowi diagendakan meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Bob Bazar, SKM. Setelah itu, Jokowi dijadwalkan meninjau pompa air di Desa Bandan Hurip.

Dalam perjalanannya dari RSUD ke Desa Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, rangkaian kendaraan Joko Widodo sempat berhenti. 

Jokowi yang duduk semobil dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kemudian turun dan mengecek langsung jalan rusak yang dilewatinya.

Presiden juga nampak memanggil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan menyampaikan sejumlah arahan. Basuki pun selanjutnya mencatat arahan-arahan Jokowi dalam sebuah notes.

Secara terpisah, Jokowi mengungkapkan bahwa jalan yang dilaluinya itu adalah Jalan Raya Palas Sukaraja.

“Oh ngecek jalan tadi. Jalannya kan tadi lubang-lubang, banyak yang rusak sehingga saya tadi langsung perintah ke Pak Menteri PU,” kata Jokowi usai meninjau pompanisasi di Desa Bandan Hurip.

Setelah meninjau pompanisasi, Presiden melanjutkan kunjungan kerjanya menuju SMA Kebangsaan. Jokowi akan meninjau fasilitas pendidikan dan meresmikan Gedung Jokowi Learning Center (JLC) SMA Kebangsaan.

Sebelumnya, di RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM, Jokowi meninjau kesiapan infrastruktur kesehatan di sana. Hal tersebut dilakukan guna mendukung distribusi alat-alat kesehatan besar oleh Kementerian Kesehatan untuk rumah sakit di daerah.

“Ya ini dalam rangka persiapan karena kita ingin mengirimkan alkes-alkes besar yang memerlukan persiapan ruangan, yang memerlukan persiapan listrik, baik itu cath lab, mammogram, kemudian CT scan, ada MRI. Yang saya lihat nanti akan dimulai, sampai di Lampung Selatan September ini sampai tahun depan,” ujar Jokowi.

Berdasarkan hasil tinjauannya, Kepala Negara melihat bahwa RSUD Bob Bazar telah menyiapkan ruangan untuk CT scan. Namun, masih memerlukan ruangan lain untuk alkes lainnya.

“Jadi memang ruangannya tadi yang disiapkan untuk CT scan tadi sudah dalam proses. Nanti saya minta Pak Bupati, Pak Gubernur yang untuk cath lab, mammogram, semuanya juga disiapkan oleh daerah. Baik, saya kira baik,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: