Pemerintah Klaim Pulihkan 30 Layanan Publik, Buntut Serangan Hacker di PDNS 2

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 11 Juli 2024 | 17:55 WIB
Ilustrasi PDNS 2. (Foto/Freepik)
Ilustrasi PDNS 2. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com -  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan telah memulihkan 30 layanan publik yang terkena serangan siber di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Hadi Tjahjanto, menyampaikan bahwa pemulihan dilakukan melalui strategi dekripsi. Hingga Selasa, 9 Juli 2024, pukul 19.00 WIB, 30 layanan dari 12 K/L/D telah dipulihkan. Sebanyak 167 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terdampak, namun enam kementerian telah pulih.

Pemulihan dipercepat dengan memanfaatkan backup data di PDNS 3 dan PDNS 2 Surabaya. Selain itu, Plt Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Ismail, menjelaskan bahwa ada strategi pemulihan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Jangka pendek untuk pemulihan darurat selama Juli-Agustus 2024, termasuk layanan imigrasi. Jangka menengah meliputi redeploy tenant dan perbaikan tata kelola serta SOP pada Agustus-September 2024.

Strategi jangka panjang melibatkan audit keamanan oleh pihak ketiga pada PDNS 1 dan PDNS 2 yang diharapkan selesai hingga September 2024, dengan implementasi audit hingga November 2024.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: