Erick Thohir Minta Polisi Kawal Piala Presiden 2024, Jenderal Sigit Bilang Begini

Oleh: Mufit
Senin, 15 Juli 2024 | 21:30 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir (kiri, depan) bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) setelah menggelar pertemuan. (Foto/Humas Polri)
Ketum PSSI Erick Thohir (kiri, depan) bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) setelah menggelar pertemuan. (Foto/Humas Polri)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengawal pergelaran Piala Presiden 2024 yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, pada 19 Juli 2024.

Dia berharap pihak kepolisian dapat menciptakan situasi yang kondusif selama gelaran Piala Presiden digelar hingga pertandingan pramusim dan dimulainya kembali Liga 1.

“Hari ini yang kami pastikan, Bapak Kapolri akan memastikan Piala Presiden juga akan kami kawal dengan baik," kata Erick seusai melakukan pertemuan dengan Jenderal Sigit beserta jajaranya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2024).

Lebih lanjut, menteri badan usaha milik negara (BUMN) itu mengatakan keamanan yang ketat dapat menciptakan iklim yang sehat bagi sepak bola sehingga sepak bola nasional dapat menjadi pemersatu bangsa.

"Karena memang ini adalah tujuan kita tidak hanya ingin menciptakan sepak bola yang transparan, tetapi juga sepak bola yang mempersatukan bangsa, bukan justru sepak bola yang memecah belah bangsa," ujarnya. 

Erick juga memastikan kesiapan PSSI untuk memulai pramusim Liga 1 hingga jadwal Timnas Indonesia dalam melakoni kualifikasi ronde ketiga Piala Dunia 2026.

"Di situ, alhamdulillah tim kami tadi sudah dapat laporan, sudah koordinasi untuk liga dan alhamdulillah mudah-mudahan semuanya tidak ada masalah. Dan juga jadwal tim nasional juga sudah kita rapikan semuanya sudah siap," tuturnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan pihaknya bakal siap mengawal kompetisi yang bakal digelar oleh PSSI. Mulai Piala Presiden hingga Liga Nasional. 

Pengamanan pertandingan, lanjut Sigit, bakal dilakukan di dalam maupun stadion tempat pertandingan. Namun, khusus pengamanan di dalam bakal bersifat situasional.

"Jadi, polisi tetap ada. Namun, yang di dalam tetap diatur bahwa ada di sekeliling di dalam stadion adalah stewards, kepolisian. Namun, kepolisian akan masuk mana kala ada permintaan untuk masuk dan memang itu standarnya," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: