Jokowi Akan Hadiri Pembukaan Piala Presiden 2024 di Bandung

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 16 Juli 2024 | 10:31 WIB
Konferensi pers Piala Presiden 2024. (Foto/PSSI).
Konferensi pers Piala Presiden 2024. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Turnamen pramusim Piala Presiden 2024 akan resmi bergulir di tanggal 19 Juli 2024. Laga pembuka akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat.

"Pembukaan di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 19 Juli 2024. Insya Allah bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini juga memperbaiki animo masyarakat yang sekarang menunggu ada perbaikan di liga," ungkap Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dikutip dari laman PSSI, Selasa (16/7/2024).

Pada Piala Presiden 2024, hadiah tim yang keluar sebagai juara diberikan uang hadiah lebih besar dibandingkan pada edisi-edisi sebelumnya. Di mana pun pemenang akan mendapatkan uang hadiah Rp5 miliar.

"Panitia penyelenggara (Steering Committee) Piala Presiden di bawah pak Maruarar Sirait sudah mengumpulkan dana besar. Hadiahnya Rp5 M juara satu,” tutur Erick.

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, mengatakan dirinya sudah melaporkan roadmap Piala Presiden 2024 kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, pria yang akrab disapa Ara tersebut sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholders terkait. Semisalnya mengenai sisi keamanan dari TNI dan Polri, menemui Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

“Piala Presiden adalah role model dalam transparansi. Nanti tidak ada uang negara. Baik itu dari BUMN, APBN maupun juga dari APBD. Tetapi semuanya dari sponsor. Dari swasta murni karena kita ingin membangun industri olahraga,” ungkap Ara.

Menurut Ara, seperti di event Piala Presiden sebelumnya, untuk kali ini Ara kembali menggandeng PricewaterhouseCoopers (PwC) untuk mengaudit perputaran uang yang terjadi di ajang pramusim tersebut.

“Nanti Piala Presiden 2024 juga akan kembali di audit. Di mana selama ini juga diaudit oleh PwC (PricewaterhouseCoopers) yang memang sangat kredibel. Kelasnya juga internasional sehingga Indonesia juga akan makin dipercaya oleh dunia dalam bidang olahraga,” tutupnya.

Piala Presiden 2024 diikuti delapan tim Liga 1. Delapan tim dibagi ke dalam dua grup. Masing-masing grup berisi empat tim.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: