Pejabat Uni Eropa: Trump Pilih JD Vance, Bencana bagi Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 16 Juli 2024 | 19:00 WIB
Trump pilih JD Vance jadi cawapresnya  (Foto/Instagram/Donald Trump)
Trump pilih JD Vance jadi cawapresnya (Foto/Instagram/Donald Trump)

BeritaNasional.com - Seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan, pencalonan Senator AS dari Partai Republik James David (JD) Vance sebagai calon wakil presiden AS Donald Trump pada pemilihan presiden AS 2024 merupakan bencana bagi Ukraina.

Dikutip dari Sputnik,Trump mengumumkan JD Vance sebagai pasangannya untuk pemilihan presiden 2024. “Ini merupakan bencana bagi Ukraina,” kata pejabat tersebut seperti dikutip oleh surat kabar tersebut.

JD Vance dikenal karena mengkritik bantuan militer AS senilai miliaran dolar ke Ukraina. Selain itu JD Vance juga menyerukan pembicaraan dengan Rusia. 

JD Vance mengatakan, upaya Kiev untuk memulihkan perbatasan pada tahun 1991 sangat tidak realistis.

"Penyelesaikan konflik Ukraina membutuhkan konsolidasi netralitas Ukraina dan pembekuan sengketa wilayah," ujar JD Vance.

Seperti diketahui, JD Vance merupakan senator Partai Republik dari Ohio. Dia terpilih pada tahun 2022 untuk menggantikan Senator Partai Republik Rob Portman yang sudah pensiun.

Usai lulus sekolah menengah, JD Vance bekerja di Korps Marinir AS. Ia menjadi koresponden tempur di Sayap Pesawat Marinir ke-2, yang ditugaskan di Irak.

Kemudian JD Vance meraih gelar sarjana hukum dari Universitas Yale. Awalnya JD Vance pernah mengkritik Trump pada tahun 2016. Namun sejak saat itu malah jadi pengikut Trump hingga dipilih jadi cawapresnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: