Pengertian Mobil Hybrid hingga Cara Kerja dan Keunggulannya

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 18 Juli 2024 | 06:01 WIB
Mobil Wuiling Almaz yang menggunakan teknologi Hybrid. (Foto/Wuiling).
Mobil Wuiling Almaz yang menggunakan teknologi Hybrid. (Foto/Wuiling).

BeritaNasional.com -  Mobil Hybrid belakangan ini menjadi salah satu kendaraan yang ramai diserbu oleh masyarakat. Mobil jenis Hybrid belakangan memang semakin populer di masyarakat karena menawarkan efisiensi bahan bakar. Untuk lebih jelasnya mari simak pengertian mobil Hybrid.

Apa sih arti Hybrid di mobil?

Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan sistem penggerak dengan dua sumber energi, yaitu bahan bakar yang diolah pada mesin pembakaran dalam dan listrik dari baterai diproses motor listrik. 

Kombinasi dari penggunaan dua sumber energi ini diklaim mampu menghasilkan efisiensi lebih tinggi dari mesin konvensional.

Mobil hybrid merupakan teknologi modern yang menjadi solusi ramah lingkungan dalam dunia otomotif. Dengan menggabungkan keunggulan mesin pembakaran dalam dan motor listrik, mobil hybrid menawarkan sejumlah kelebihan.  

Dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, emisi gas buang yang rendah, dan performa yang responsif, mobil hybrid menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan dan ingin mengoptimalkan penggunaan sumber daya.  

Lantas bagaimana cara kerja mobil hybrid?

Berbeda dengan mobil listrik dan mobil konvensional, mobil hybrid menggabungkan dua sumber daya utama, yaitu mesin konvensional dan motor listrik. 

Saat pengendara mengurangi kecepatan atau menggunakan rem, motor listrik menghasilkan tenaga. Energi ini kemudian disimpan di baterai untuk digantikan nanti, sehingga pengendara tidak perlu mengisi baterai dengan sumber listrik eksternal.

Saat mengemudi di lingkungan perkotaan, mobil hybrid secara otomatis dapat beralih ke mode listrik untuk mengurangi penggunaan bahan bakar bensin dan emisi karbon dioksida.

Beberapa keunggulan dari mobil Hybrid yakni ramah lingkungan, getaran dan suara yang minim, lebih efisien dan biaya perawatan terjangkau.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: