Demokrat Ungkap KIM Bakal Usung Ridwan Kamil atau Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 17 Juli 2024 | 18:30 WIB
Politikus Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo)
Politikus Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) hanya mempertimbangkan dua nama pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Yaitu, Ridwan Kamil atau Dedi Mulyadi.

Penentuan keputusan ini bergantung apakah Ridwan Kamil bakal maju di Pilgub Jakarta 2024 atau tidak.

"Untuk KIM sendiri, ada RK, ada Dedi Mulyadi. Kami lihat nanti kondisinya ke depan bagaimana. Masih terus kami dalami, siapa yang akan benar-benar maju di Jakarta atau siapa yang akan maju di Jabar. Kami belum tahu nih hari ini," kata Herzaky kepada wartawan, Kamis (17/7/2024).

Dia mengatakan Ridwan Kamil atau Dedi Mulyadi sama-sama punya peluang menang yang besar. 

Yang penting, bagi Demokrat, gubernur Jawa Barat sejalan dengan pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Bagi kami, siapa pun yang maju nanti, Kang RK misalnya, atau Kang Dedi Mulyadi, keduanya sama-sama punya peluang besar untuk menang. Yang penting, bagi kami, pemimpin Jabar adalah sosok yang memang selaras dan sejalan nanti dengan pemerintah Prabowo-Gibran selama lima tahun ke depan," katanya.

Keputusan KIM mengenai calon gubernur Jawa Barat juga akan melihat siapa lawan dan siapa yang akan menjadi calon wakil gubernurnya.

"Lalu, siapakah pasangannya, siapakah lawannya. Tapi, kami yakin pada waktunya tentu pasangan terbaiklah yang akan diusung dan itu jugalah yang akan bisa menjawab harapan masyarakat," pungkas Herzaky.

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis hasil survei Pilgub Jawa Barat pada Rabu (17/7/2024). Elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak tertandingi oleh calon lain.

Elektabilitas Ridwan Kamil mencapai angka 36,6 persen. Tidak ada tokoh lain yang elektabilitasnya mendekati Ridwan Kamil sebagai calon gubernur.

Di urutan kedua, ada nama politikus Partai Gerindra Dedi Mulyadi dengan elektabilitas 12,2 persen.

Tokoh selain Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi hanya memiliki elektabilitas sekitar 1 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: