Survei Cagub Jateng: Kaesang dan Ahmad Luthfi Bersaing

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 18 Juli 2024 | 09:45 WIB
Hasil survei cagub Jateng, Kaesang unggul (Beritanasional/Lydia)
Hasil survei cagub Jateng, Kaesang unggul (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas calon gubernur Jawa Tengah pada Kamis (18/7/2024). Elektabilitas Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi bersaing.

Kaesang lebih unggul dengan angka elektabilitas sebesar 7 persen. Sementara, elektabilitas Ahmad Luthfi berada pada angka 6,8 persen.

Tokoh bakal calon gubernur Jawa Tengah lainnya berada pada angka di bawah 5 persen. Belum ada yang menyaingi Kaesang dan Ahmad Luthfi.

Pada urutan ketiga muncul nama mantan Wakil Gubenur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 3,2 persen.

Selanjutnya, ada nama artis Raffi Ahmad dengan elektabilitas 2,8 persen. Disusul Bupati Kendal Dico Ganinduto 2,6 persen, Bibit Waluyo 2,4 persen, Hendrar Prihadi 2 persen, Muhammad Yusuf Chudlori 1,2 persen, Bambang Wuryanto 1,2 persen, dan Sudirman Said 0,8 persen. Serta tokoh-tokoh lainnya dalam angka 6 persen.

Sementara itu responden yang masih belum punya pilihan terbilang tinggi. Ada 64 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak jawab terkait pilihan calon gubernur Jawa Tengah.

Litbang Kompas menggelar survei wawancara tatap muka pada 20-25 Juni 2024. Sebanyak 500 responden dipilih secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Survei memiliki margin of error penelitian kurang lebih 4,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: