PKS Ungkap Alasan Usung Khofifah-Emil

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 18 Juli 2024 | 15:15 WIB
PKS dukung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
PKS dukung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengungkap alasan akhirnya memutuskan mendukung pasangan calon gubernur (cagub) Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Padahal, PKS pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 lalu bukan partai pengusung Khofifah-Emil.

Syaikhu mengaku tersihir dengan kinerja Khofifah-Emil selama lima tahun belakangan dengan program seperti pengembangan pesantren.

"Tapi, dalam perjalanan, kami lihat bahwa kinerja beliau dalam pemda ini bagus. Apalagi, ada program yang betul-betul saya ungkapkan tadi ada eco pesantren, berikan perhatian pada pondok pesantren sekaligus memberdayakan ekonomi mereka. Tentu ini patut kita apresiasi," katanya.

Hal tersebut diungkapkan saat penyerahan rekomendasi kepada Khofifah-Emil di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

"Melihat perkembangan Jatim seperti itu, maka dari rekomendasi DPW kami menyetujui untuk memberi amanah dalam pencalonan gubernur dan cagub bagi Khofifah-Emil," tuturnya.

Selain itu, Khofifah dan Emil dinilai mampu bersinergi sampai akhir masa jabatan, tidak terpecah di tengah jalan. Jadi, PKS mendukung kelanjutan kepemimpinan Khofifah dan Emil di periode selanjutnya.

"Pasangan ini lima tahun bisa bekerja sinergis secara bersamaan. Kemudian tidak terpecah di tengah jalan. Ini yang patut kami apresiasi. Semoga mudah-mudahan ke depan ini terus bisa sinergis dan itu saya kira modal membangun sebuah daerah," tutur Syaikhu.

Sebelumnya, pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak resmi mendapatkan dukungan PKS di Pilgub 2024. 

PKS menjadi partai ketujuh yang memberikan rekomendasi. Sebelumnya, Khofifah-Emil telah mendapatkan dukungan dari Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PPP, dan PSI.

Khofifah bersyukur mendapatkan tambahan kekuatan politik untuk maju di Pilgub Jawa Timur. Dia berharap dukungan ini mendekatnya dengan kemenangan.

"Mudah-mudahan, semuanya diberikan kekuatan pada keberseiringan kami untuk mendapatkan mandat dari masyarakat Jawa Timur seiring rida dan berkah Allah SWT. Mudah-mudahan, kemenangan semakin dekat," ujarnya seusai penyerahan rekomendasi di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Khofifah menyampaikan terima kasih kepada PKS yang telah memberikan dukungan. Bersama Emil, Khofifah siap bekerja keras untuk meraih kemenangan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada presiden PKS. Kami siap menjalani mandat dan bekerja keras dengan sebaik-baiknya," ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: