Ibu-ibu,Ini Bahaya Bedak Tabur bagi Bayi Baru Lahir

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 20 Juli 2024 | 07:00 WIB
Ilustrasi bayi tidak boleh diberi bedak tabur (Foto/Pixabay)
Ilustrasi bayi tidak boleh diberi bedak tabur (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Selama ini ibu-ibu sering memberikan bedak tabur kepada bayinya. Sebab memang bedak tabur membuat bayi makin wangi dan menggemaskan.

Namun ternyata bedak tabur ini tidak selamanya aman bagi bayi.

Dokter Spesialis Anak Konsultan dari UGM dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp.A (K) mengatakan, bedak tabur yang seringkali diberikan oleh orangtua usai memandikan bayi. Padahal bedak tabur ini bisa menyebabkan bayi yang baru lahir kesulitan bernapas.

“Itu tidak boleh, sudah enggak boleh (pakai bedak tabur). Ada penelitiannya kalau bayi baru lahir ditaburi bedak, dia akan terhirup dan masuk ke paru-paru. Sudah ada penelitiannya, jadi tidak boleh lagi," ujar dr. Attila.

Dokter Attila menjelaskan, bedak tabur memiliki berbentuk seperti serbuk-serbuk kecil yang mudah berterbangan di udara. Oleh karena itu bedak tabur jadi mudah terhirup.

Dikutip dari Antara, bedak dapat dengan mudah menyebar dan masuk ke dalam saluran pernapasan bayi baik ketika sedang menangis maupun membuka mulutnya.

Ini bisa memberikan dampak buruk yang berkepanjangan seperti anak terus menerus batuk. Bahkan anak bisa mengalami gangguan konsentrasi hingga sulit sekolah karena terganggu akan kondisi kesehatannya hingga bisa mengalami tumbuh kembang yang tidak optimal.

“Jadi bedak sudah tidak kita pakai lagi seterusnya, mau di muka saja atau di seluruh bagian tubuh itu tidak boleh,” ucapnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: