Selamat Hari Anak Nasional 2024!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 23 Juli 2024 | 12:46 WIB
Hari Anak Nasional. (BeritaNasional).
Hari Anak Nasional. (BeritaNasional).

BeritaNasional.com - Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Pada tahun 2024 ini, merupakan peringatan Hari Anak Nasional ke-40.

Hari Anak Nasional ditetapkan oleh Keputusan Presiden RI No.44 tahun 1984. Di mana, kala itu Presiden ke-2 Soeharto menilai bahwa anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa, sehingga perlu diperingati keberadaannya.

Keputusan Presiden RI No. 44 tahun 1984. Keppres ini berisi penetapan Hari Anak Nasional yang diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Sejak itu, tiap tanggal 23 Juli, Hari Anak Nasional diperingati dengan visi mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah dan peduli anak, seperti dikutip dari laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Sebelum itu, peringatan Hari Anak di Indonesia pernah digagas lewat Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Kowani merupakan sebuah organisasi kaum perempuan Indonesia yang terbentuk tahun 1946. 

Sehingga kala itu Hari Anak sudah diperingati sejak periode kepemimpinan Presiden pertama, Sukarno. Namun saat berganti kepemimpinan, maka tanggal peringatan hari anak di Indonesia sebelumnya sempat berubah-ubah sebelum berakhir ditetapkan setiap tanggal 23 Juli.

Selanjutnya Indonesia juga telah mengesahkan Undang-Undang No 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak, dengan pertimbangan bahwa anak adalah penerus cita-cita bangsa yang dasar-dasarnya telah diletakkan oleh generasi sebelumnya. Peringatan HAN diselenggarakan dari tingkat pusat hingga daerah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak.

Tema Hari Anak Nasional 2024

Setiap tahun, tema Hari Anak Nasional berbeda-beda. Tema pada tahun 2024 yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Tema dipilih agar peringatan bisa difokuskan ke sejumlah tujuan dan persoalan.

Melihat dari situs resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA) tema tahun ini dibagi menjadi enam sub tema, yang terdiri dari:

Anak Cerdas Berinternet Sehat

Suara Anak Membangun Bangsa

Pancasila di Hati Anak Indonesia

Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor

Pengasuh Layak Untuk Anak: Digital Parenting

Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak dan Stunting

Logo Hari Anak Nasional 2024

Tiga Anak yang Memegang Bendera Merah Putih: Melambangkan setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (citacita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sangsaka merah putih.

Warna Merah dan Putih melambangkan kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

Garis Berwarna Abu-abu melambangkan meski banyak tantangan dalam perubahan pola hidup pada anak-anak, tetapi semua pihak tetap mengupayakan anak terpenuhi hak-haknya, bergembira, dan penuh kreativitas di bawah naungan perlindungan keluarga.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: