Prediksi dan Susunan Pemain Timnas U-19 Indonesia vs Timor Leste di Piala AFF U-19

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 23 Juli 2024 | 16:00 WIB
Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas U-19 Indonesia akan menjalani laga pamungkas menghadapi Timor Leste di Grup A Piala AFF U-19 2024. Laga ini bisa disebut sebagai laga penting bagi Indonesia untuk menjaga asa lolos ke semifinal.

Pertandingan akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, hari ini, Selasa (23/7/2024). Indonesia saat ini sudah mengoleksi enam poin dan berada di puncak klasemen Grup A setelah menang dalam dua pertandingan.

Timnas U-19 Indonesia dalam dua laga awal meraih kemenangan. Pada pertandingan pertama kontra Filipina, Indonesia menang telak dengan skor 6-0. Laga kedua melawan Kamboja, Timnas U-19 Indonesia kembali meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Tim tuan rumah tentu diunggulkan dalam laga nanti, karena mendapatkan dukungan dari suporternya sendiri. Di sisi lain, keunggulan rekor pertemuan antara keduanya masih dipegang oleh Indonesia. Garuda Nusantara sepanjang bertemu dengan Timor Leste di ajang yang sama, selalu menang.

Mereka berdua sudah dua kali bertemu ajang yang sama, pada tahun 2013 dan 2019. Di dua pertemuan Tim U-19 Indonesia selalu menang dan tidak pernah kebobolan.

Pertemuan pertama terjadi pada semifinal tahun 2013. Ketika itu Indonesia menang 2-0 atas Timor Leste lewat gol dari Ilham Udin Armaiyn dan Muhammad Hargianto.

Sementara pertemuan terakhir terjadi di babak grup, tahun 2019. Di laga itu Tim U-19 Indonesia bahkan menang lebih besar 4-0 atas Timor Leste. Gol-gol dari David Maulana, Salman Alfarid, Beckham Putra dan Sutan Zico memastikan kemenangan telak Tim U-19 Indonesia atas Timor Leste.

Namun, Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri mengatakan bahwa di sepak bola, apapun bisa saja terjadi. Termasuk juga ketika anak asuhnya melawan Timor Leste walaupun di atas kertas kekuatan lebih unggul.

“Timor Leste tentu tetap harus kita waspadai. Mereka memiliki pemain dengan bakat alam yang bagus,” buka Indra dikutip dari laman PSSI.

Untuk itu, Indra menyiapkan dua pilihan permainan timnya untuk mengantisipasi permainan Timor Leste. 

“Ada dua hal yang mungkin kita antisipasi, dari kemungkinan-kemungkinan respon kita terhadap pertandingan lawan Timor Leste,” kata Indra.

“Satu, apakah dia melayani kita dengan pertandingan terbuka, karena dia perlu menang. Atau mereka realistis seperti Kamboja kemarin melayani kita yang main deep defending. Hari ini, kita bikin respon dalam sesi latihan untuk bagaimana besok tim ini bisa lebih mencair,” tambahnya.

Prediksi Starting XI Timnas U-19 Indonesia:
Algiffari (GK), Iqbal, Kadek Arel, Buffon, Mufli, Dony Tri, Figo, Toni F, Arlyansyah, Afrisal, Kakasinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: