Honda Perkenalkan Inovasi Mobile Cafe Elektrik Pertama di GIIAS 2024

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 24 Juli 2024 | 12:11 WIB
Honda Dreams Cafe Mobile. (Foto/HPM)
Honda Dreams Cafe Mobile. (Foto/HPM)

BeritaNasional.com -  PT Honda Prospect Motor (HPM) memamerkan inovasi terbarunya di Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2024 dengan meluncurkan mobile cafe elektrik pertama yang dikembangkan oleh Honda di seluruh dunia.

Dikenal dengan nama Honda Dreams Cafe Mobile, kendaraan ini merupakan modifikasi dari model Honda N-VAN EV Prototype yang telah dirancang khusus menjadi sebuah café portabel.

Peluncuran Honda Dreams Cafe Mobile adalah bagian dari inisiatif Honda untuk mendalami dan mempromosikan penggunaan mobil listrik di Indonesia. Tahun lalu, Honda memperkenalkan Honda e sebagai alat untuk mempelajari penerapan mobil listrik di Universitas Indonesia.

Model ini juga berperan dalam edukasi mobil listrik di perkotaan melalui tur ke lokasi bersejarah di Jakarta dengan Jakarta Good Guide. Selain itu, Honda N-VAN EV Prototype juga digunakan bersama Pertamina untuk mengeksplorasi penggunaan mobil listrik dalam pengiriman logistik di Jakarta dan sekitarnya.

Honda Dreams Cafe Mobile merupakan hasil kolaborasi antara Honda dan Karoseri V-Clas, produsen karoseri mobil niaga. Selama GIIAS 2024, menu minuman dan makanan yang disajikan oleh Honda Dreams Café Mobile disiapkan oleh Dua Coffee, sebuah merek kopi lokal ternama.

Yessy Anastasia, Kepala Departemen PR & Event PT HPM, menjelaskan, “Honda berkomitmen untuk mendidik masyarakat mengenai inovasi teknologi berkelanjutan sambil mendekatkan diri kepada pelanggan dari berbagai generasi. Dengan Honda Dreams Cafe Mobile yang berbasis pada Honda N-VAN EV Prototype, kami dapat menyebarluaskan berbagai inovasi Honda ke lebih banyak tempat, memberikan edukasi, dan menyebarkan kegembiraan tanpa dampak negatif pada lingkungan.”

Untuk mewujudkan konsep ini, Honda memanfaatkan Honda N-VAN EV Prototype, yang dikembangkan dari model komersial Honda N-VAN yang sukses di Jepang. Mobil ini telah dimodifikasi secara khusus oleh V-Clas, perusahaan karoseri yang fokus pada pembuatan bodi mobil niaga.

Modifikasi pada eksterior meliputi penambahan kanopi di atap, lampu penerangan luar, kursi dan meja portabel, serta stiker merah dan hitam yang mencerminkan identitas Dreams Café, ditambah elemen-elemen lain seperti ikon gelas, biji kopi, dan kabel listrik yang merepresentasikan mobile cafe elektrik.

Di bagian interior, kendaraan ini telah diubah menjadi dapur lengkap dengan mesin espresso, pendingin minuman, ruang penyimpanan bahan makanan, dan area untuk peralatan lainnya. Dengan berbagai modifikasi ini, Honda Dreams Cafe Mobile siap memberikan pelayanan yang efisien di lokasi-lokasi strategis seperti Car Free Day, taman kota, acara komunitas, dan lain-lain.

Seluruh kebutuhan listrik selama operasional Honda Dreams Cafe Mobile akan disuplai oleh Honda Power Exporter e: 6000. Perangkat ini dapat mengubah daya baterai mobil menjadi listrik Alternating Current (AC) yang dapat digunakan untuk peralatan elektronik.

Zain Johansyah, Direktur Karoseri V-Clas, mengungkapkan kebanggaannya atas kerjasama ini, “Kami sangat bangga berkolaborasi dengan Honda dalam mewujudkan Honda Dreams Café Mobile. Dengan pengalaman kami dalam modifikasi mobil niaga dan visi inovatif Honda, kami berhasil menciptakan karya seni otomotif yang fungsional dan estetis.”

Honda juga menggandeng Dua Coffee untuk menyajikan menu khusus di Honda Dreams Cafe Mobile selama GIIAS 2024. Sebelumnya, Honda telah bekerja sama dengan Dua Coffee di outlet Honda Dreams Cafe di Jakarta antara tahun 2021 hingga 2023. Untuk Honda Dreams Café Mobile, tersedia dua menu spesial: “E-Latte-Fy” dan “Eco-spresso,” yang mencerminkan kata “electrify” dan “eco” sebagai simbol mobil listrik yang ramah lingkungan.

Wempi Januar Duhari, pemilik Dua Coffee, menambahkan, “Kolaborasi inovatif ini membuktikan bahwa komitmen kami tidak hanya pada penyediaan kopi berkualitas, tetapi juga pada inovasi dan keberlanjutan lingkungan. Kami ingin menunjukkan bahwa kami lebih dari sekadar merek kopi, tetapi juga pelopor dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan,” tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: