Gagal Lindungi Trump, Kepala Dinas Rahasia AS Akhirnya Mengundurkan Diri

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 24 Juli 2024 | 13:00 WIB
Dinas Rahasia AS gagal lindungi Trump  dari penembakkan (Foto/Britannica)
Dinas Rahasia AS gagal lindungi Trump dari penembakkan (Foto/Britannica)

BeritaNasional.com - Sebelumnya Direktur Dinas Rahasia AS Kimberly Cheatle hadir di hadapan anggota parlemen pasca-penembakan capres AS Donald Trump. Namun kala itu, dia masih enggan mundur dari jabatannya meskipun gagal melindungi keamanan capres AS Donald Trump saat dia berkampanye.

"Kami gagal. Sebagai kepala, saya bertanggung jawab penuh dengan kelalaian keamanan di lembaga kami," ujar Cheatle.

Namun akhirnya, usai dapat desakan dari para politisi Demokrat maupun Republik, akhirnya Cheatle mundur dari jabatannya.

Cheatle mundur sesuai dengan email yang ia kirimkan kepada stafnya. Apalagi banyak kecaman terhadap Dinas Rahasia yang seharusnya mampu melindungi Trump.

Dikutip dari VOA, Cheatle sendiri jadi Kepala Dinas Rahasia AS sejak Agustus 2022. Hal yang membuatnya didesak mundur yakni, membiarkan pria bersenjata bisa dekat dengan Trump saat menggelar kampanye di Pennsylvania.

“Saya bertanggung jawab sepenuhnya atas kegagalan pengamanan. Apalagi peristiwa yang terjadi belum lama ini, saya akhirnya membuat keputusan sulit untuk mengundurkan diri dari posisi direktur,” tulis Cheatle dalam email pengunduran dirinya.

Pengunduran diri Cheatle dilakukan sehari usai ia menghadap komite pengawasan Kongres AS. Dalam kesempatan itu, ia dimarahi oleh banyak anggota Kongres AS dari Partai Republik dan Partai Demokrat. Mereka menuntut agar Cheatle bertanggung jawab. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: