Korut Disebut Kirim Kontainer Berisi Senjata ke Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 25 Juli 2024 | 04:00 WIB
Korut disebut kirim persenjataan ke Rusia (Foto/KCNA)
Korut disebut kirim persenjataan ke Rusia (Foto/KCNA)

BeritaNasional.com - Korea Utara (Korut) diyakini sudah mengirimkan kontainer yang dapat membawa lebih dari 5 juta peluru artileri ke Rusia. Hal ini diungkapkan Kepala Pertahanan Korea Selatan (Korsel).

Korsel khawatir menyaksikan peningkatan kerja sama militer yang terus-menerus antara Korut dan Rusia.

Menteri Pertahanan Korsel Shin Won Sik mengatakan, di antara pengiriman dari Korut ke Rusia yakni kontainer yang bisa mengangkut 5,2 juta peluru artileri serta sejumlah rudal balistik jarak pendek.

Dikutip dari Yonhap, Shin mengatakan, kemungkinan Korut memasok senjata ke Rusia untuk membantu Rusia perang melawan Ukraina.

Shin menjelaskan, memperhatikan bagaimana Kim Yo Jong, saudara perempuan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un mengancam, akan melakukan konsekuensi yang mengerikan dan merugikan terhadap selebaran anti-Pyongyang yang dilakukan oleh kelompok aktivis di Korea Selatan, dikhawatirkan Korut mencoba menyerang lokasi di mana selebaran tersebut diluncurkan.

“Kami memantau situasi dengan cermat karena ada kemungkinan Korut menembak menembaki lokasi di mana balon tersebut diterbangkan,” kata Shin.

Pada tahun 2014, kedua Korea saling melepaskan tembakan senapan mesin melintasi perbatasan setelah Korea Utara menembak jatuh balon-balon yang membawa selebaran propaganda yang mengkritik Korea Utara.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: