Kamala Harris Tak Hadiri Pidato Netanyahu di Kongres AS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 25 Juli 2024 | 12:01 WIB
Kamala Harris tak hadiri pidato Netanyahu (Foto/X VP Kamala Harris)
Kamala Harris tak hadiri pidato Netanyahu (Foto/X VP Kamala Harris)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden Kamala Harris sekaligus capres AS pengganti Joe Biden memutuskan tidak menghadiri pidato Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di hadapan Kongres AS.

Rupanya Israel kesal dengan langkah Hariss yang tak mau menghadiri pidato Netanyahu. Bahkan mereka mempertanyakan sikap Harris terhadap Israel di tengah ketegangan politik yang meningkat.

Sebelumnya, Joe Biden juga tidak menghadiri pidato Netanyahu pada tahun 2015. Ini merupakan sebuah tanda yang jelas dari ketidaksukaan Gedung Putih terhadap kehadiran Netanyahu. 

Dikutip dari The Jerusalem Post, lalu pada Rabu 24 Juli 2025, Wakil Presiden Kamala Harris tidak hadir selama Netanyahu berpidato di depan Kongres AS. Gestur yang sama yang ditunjukkan oleh Biden.

Sebenarnya banyak anggota Partai Demokrat yang tidak menghadiri pidato Netanyahu di Kongres AS.

Harris mengaku sedang sibuk dan sudah ada perjalanan yang sudah dijadwalkan sebelumnya, sehingga tidak bisa hadir pada pidato Netanyahu.

Senator Ted Budd mengatakan, menurutnya ketidakhadiran Harris adalah merupakan parodi.

Partai Republik menilai, ketidakhadiran Harris sebagai tanda ketidaksetiaan kepada sekutu AS, Israel. 

Namun sejatinya capres AS dari Pantai Republik JD Vance juga tak menghadiri pidato Netanyahu. Ia mengatakan, sibuk kampanye membuatnya tidak hadir dalam pidato tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: