Indikator Politik: Hanya Ahok dan Ridwan Kamil Diprediksi Bisa Hadapi Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 25 Juli 2024 | 12:19 WIB
Waketum Partai Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).
Waketum Partai Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas calon gubernur Jakarta terkuat adalah Anies Baswedan. Dengan elektabilitas mencapai angka 41,7 persen. Dua nama yang bisa menyaingi Anies, hanya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Ridwan Kamil. Dengan masing-masing elektabilitas 27 persen dan 15,4 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, sulit muncul sosok kuda hitam di Pilgub Jakarta. Karena pilihan masyarakat sudah mengerucut.

"Kemungkinan muncul diluar dari tiga nama teratas itu sangat kecil, kenapa? Karena pilihan warga sedemikian mengerucut mengeras," kata Burhanuddin saat pemaparan survei pada Kamis (25/7/2024).

Burhanudin mengatakan, tokoh yang bisa menjadi kuda hitam hanya Ahok dan Ridwan Kamil. Karena hanya dua nama itu yang elektabilitasnya cukup besar. 

Di luar nama tersebut, Burhanuddin pesimis bisa menghadapi Anies. Karena tokoh-tokoh lain elektabilitasnya masih sangat rendah. 

Sementara, waktu pendaftaran calon gubernur semakin sempit. Sulit untuk meningkatkan elektabilitas sebagai calon gubernur Jakarta dalam waktu yang singkat.

"Kalau mau berharap ada kuda hitam ya antara Ahok dan Ridwan Kamil. Di luar itu sepertinya berat," kata Burhanuddin.

Indikator Politik Indonesia menggelar survei wawancara tatap muka pada tanggal 18-26 Juni 2024. Sebanyak 800 responden warga Jakarta dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling. 

Survei memiliki margin of error kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: