Hadapi Khofifah, PKB Ingin Usung Kakak Cak Imin di Pilgub Jatim

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:32 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (Beritanasional/Panji Septo)
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (Beritanasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengusulkan Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar, sebagai calon gubernur Jawa Timur untuk menghadapi Khofifah Indar Parawansa.

Kakak dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dinilai bisa dengan mudah menghidupkan mesin partai di Jawa Timur.

"Kalau saya pribadi, siapa yang bisa menghidupkan mesin? Pak Halim Iskandar kalau di Jawa Timur," kata Jazilul di DPR, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Sebagai ketua PKB Jawa Timur, Halim bisa dengan mudah menghidupkan mesin PKB untuk memenangkan Pilgub. Apalagi PKB memiliki suara 30 persen di Jawa Timur. Ditambah dengan dukungan PDIP, PKB merasa percaya diri Khofifah mampu dikalahkan.

"Karena ketua wilayah, kalau beliau maju, pasti mesin langsung nyala. Mesin PKB itu mesin besar di sana, mesin turbo lah di Jawa Timur itu 30 persen. Apalagi bareng PDIP, hampir separuh," kata Jazilul.

Namun, PKB belum membahas dengan PDIP terkait nama Abdul Halim sebagai calon gubernur Jawa Timur.

Jazilul memiliki satu kekhawatiran terkait pengusungan Halim, yaitu menteri desa itu sudah terpilih menjadi anggota DPR PKB pada Pemilu 2024. Wakil ketua MPR ini meminta KPU memperbolehkan caleg terpilih untuk tidak mundur apabila maju sebagai calon kepala daerah.

"Saya meminta kepada KPU untuk memberikan aturan yang lebih tegas terkait dengan kewajiban mundur. Itu wakil presidennya tidak, presiden juga tidak. Kenapa giliran kader-kader partai politik terhambat? Padahal itu areanya partai politik. Itu saja yang kira-kira menjadi pertimbangan di PKB terkait dengan para kandidat calon kepala daerah di Jawa Timur," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: