Gus Ipul Umumkan PBNU Bakal Bentuk Pansus PKB

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 26 Juli 2024 | 15:00 WIB
Sekretaris Jenderal PBNU Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) (Foto/Instagram/Gus Ipul)
Sekretaris Jenderal PBNU Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) (Foto/Instagram/Gus Ipul)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal PBNU Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah berdiskusi untuk membentuk tim lima atau panitia khusus (pansus) tentang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tim lima ini merupakan upaya untuk meluruskan sejarah dan mengembalikan PKB ke pemilik sahnya, yakni PBNU.

Saat ini, ujar Gus Ipul, elite PKB banyak membuat pernyataan yang melenceng dari fatsun awal. Bahkan, Gus Ipul menilai ada upaya nyata dan sistematis yang dilakukan elit PKB untuk menjauhkan partai itu dari struktural NU.

“PBNU sedang berdiskusi. Jika diperlukan, pembentukan tim lima akan segera dilakukan. Langkah ini setelah melihat pernyataan elit-elit PKB yang ahistoris. Ada tanda-tanda mereka akan membawa lari dari sejarah berdirinya PKB,” kata Gus Ipul kepada wartawan, umat (26/7/2024).

Padahal, PKB didirikan oleh NU mulai dari tingkat cabang, MWC, dan ranting NU. Adapun tim lima yang akan dibentuk ini akan menyerupai tim pada awal reformasi saat mendirikan PKB.

Tim lima ini akan segera diwujudkan jika mendapatkan persetujuan dari Rais Aam KH Miftachul Ahyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

“Kita akan undang bergabung seluruh tokoh, para aktivis NU untuk dimintai pendapatnya terkait hal ini,” tandasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: