Soal Protes Monas Tutup Jam 4 Sore, Keamanan di Tahun Politik Jadi Pertimbangan Pengelola

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:31 WIB
Monumen Nasional. (BeritaNasional/Instagram: Monas)
Monumen Nasional. (BeritaNasional/Instagram: Monas)

BeritaNasional.com -  Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas memberikan penjelasan soal masa beroperasi kawasan wisata ini yang hanya sampai pukul 16.00 WIB.

Kepala UPK Monas Isa Sanuri mengatakan, jam operasional Monas adalah pukul 08.00-16.00 WIB. Kebijakan tersebut sudah diterapkan sejak pertengahan 2022 saat Monas dibuka secara terbatas usai pandemi Covid-19.

Meski pandemi telah usai, lanjut Isa, pihaknya memutuskan untuk melanjutkan kebijakan tersebut guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Sebab, Monas bukan hanya sekadar destinasi wisata, tetapi juga merupakan cagar budaya dan objek vital nasional.

"Keamanan dan kenyamanan pengunjung adalah prioritas kami. Mengingat pentingnya aspek keamanan, terutama pada tahun politik ini, operasional Monas dibatasi tidak sampai malam hari," kata Isa dalam keterangan resminya, Sabtu (27/7/2024).

"Pembatasan ini merupakan hasil koordinasi dengan instansi keamanan terkait untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung," tambahnya.

Isa mengungkapkan, pihaknya terus menganalisis situasi dan kondisi terkait keamanan dan kenyamanan pengunjung di Monas. Oleh karena itu, ia berharap Monas dapat beroperasi hingga pukul 22.00 WIB pada akhir pekan, yaitu hari Sabtu dan Minggu.

"Kami berharap dalam waktu dekat, Monas dapat dibuka hingga pukul 22.00 WIB khusus pada hari Sabtu dan Minggu, sehingga masyarakat dapat menikmati keindahan Monas pada malam hari dengan aman dan nyaman. Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan dan keselamatan bersama," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: