Nicolas Maduro Menang Pilpres Venezuela, AS Sangat Khawatir

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 30 Juli 2024 | 09:15 WIB
Nicolas Maduro. (Foto/Inst @nicolasmaduro)
Nicolas Maduro. (Foto/Inst @nicolasmaduro)

BeritaNasional.com - Nicolas Maduro berhasil memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) Venezuela 2024. Namun, negara adidaya Amerika Serikat (AS) mengungkapkan kekhawatiran atas hasil pemilu tersebut.

Hal tersebut disampaikan melalui Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah konferensi pers di Tokyo, Jepang, pada Senin (29/7/2024).

"Kami memiliki kekhawatiran serius bahwa hasil yang diumumkan tidak mencerminkan keinginan atau suara rakyat Venezuela," katanya yang dikutip dari Antara.

Menurut Blinken, setiap suara harus dihitung secara adil dan transparan. Pejabat pemilu secepatnya membagikan informasi kepada oposisi dan pemantau independen tanpa adanya penundaan. 

‘’Otoritas pemilu menerbitkan tabulasi suara yang terperinci," ujarnya.

Blinken turut menyerukan masyarakat internasional untuk mengawasi proses pemilu Venezuela dengan cermat.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Adrienne Watson mengatakan hasil pilpres tidak mencerminkan suara rakyat Venezuela.

"Kami khawatir hasil parsial yang dirilis oleh otoritas pemilu Venezuela tidak mencerminkan suara rakyat, dan menyerukan agar hasil lengkap dan terperinci dirilis demi transparansi. Kami akan menunda penilaian hingga saat itu. AS dan komunitas internasional sedang mengamati," tulis Watson di media sosial X.

Diketahui, Nicolas Maduro (61) memperoleh 51 persen suara atau unggul atas perolehan suara pemimpin oposisi Edmundo Gonzalez yang mendapat 44 persen suara, menurut Dewan Pemilihan Nasional. Namun, hasil tersebut telah dibantah oleh oposisi.

Maduro yang memenangi masa jabatan untuk ketiga kalinya mengatakan terpilihnya kembali dirinya sebagai presiden akan membawa perdamaian dan stabilitas di Venezuela.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: