Oposisi Tolak Kemenangan Nicolas Maduro di Venezuela

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 30 Juli 2024 | 16:00 WIB
Oposisi tolak kemenangan Nicolas Maduro  (Foto/X Nicolas Maduro)
Oposisi tolak kemenangan Nicolas Maduro (Foto/X Nicolas Maduro)

BeritaNasional.com - Otoritas pemilihan umum Venezuela menyatakan, Nicolas Maduro sebagai pemenang dalam pemilihan presiden. Meskipun pemilu di Venezuela dianggap kontroversial.

Presiden Dewan Pemilihan Nasional, Elvis Amoroso, menyerahkan surat kepercayaan kepada Maduro, untuk pemilihannya kembali sebagai presiden untuk masa jabatan 2025-2031.

“Saya menerima surat kepercayaan konstitusional dan sah ini, dari otoritas pemilu Venezuela. Otoritas kedaulatan Venezuela sudah resmi mengeluarkan keputusannya, saya menerimanya dengan rendah hati,” ujar Maduro dikutip dari VOA.

Namun kemenangan Maduro tidak diterima oleh kelompok oposisi. Apalagi menurut jajak pendapat di luar TPS secara independen, menunjukkan kemenangan oposisi.

Tokoh oposisi, Gonzalez menang dengan suara 70 persen. Namun Gonzalez meminta para pendukungnya untuk tidak turun ke jalan dan melakukan berbagai aksi kekerasan untuk unjuk rasa.

Meski demikian sejumlah insiden terjadi di berbagai wilayah Venezuela sebelum pengumuman hasil pemilu. Bahka ada korban tewas akibat insiden tersebut.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: