Peru Minta Diplomat Venezuela Segera Angkat Kaki dari Negaranya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 30 Juli 2024 | 17:00 WIB
Peru tidak mengakui hasil Pilpres Venezuela yang dimenangkan oleh Maduro (Foto/X Nicolas Maduro)
Peru tidak mengakui hasil Pilpres Venezuela yang dimenangkan oleh Maduro (Foto/X Nicolas Maduro)

BeritaNasional.com - Otoritas pemilihan umum Venezuela menyatakan, Nicolas Maduro sebagai pemenang dalam pemilihan presiden. Meskipun pemilu di Venezuela dianggap kontroversial.

Namun kemenangan Maduro tidak diterima oleh kelompok oposisi. Apalagi menurut jajak pendapat di luar TPS secara independen, menunjukkan kemenangan oposisi.

Tokoh oposisi, Gonzalez menang dengan suara 70 persen. Namun Gonzalez meminta para pendukungnya untuk tidak turun ke jalan dan melakukan berbagai aksi kekerasan sebagai bentuk protes.

Akibat kisruh Pilpres Venezuela, Kementerian Luar Negeri Peru meminta agar para diplomat Venezuela harus segera meninggalkan negara tersebut dalam waktu tiga hari ke depan. Peru memutuskan menyuruh diplomat Venezuela segera angkat kaki.

Sebelumnya, Pemerintah Venezuela mengumumkan, mereka akan menarik diplomatnya dari sejumlah negara Amerika Latin, termasuk Peru. Venezuela melakukan itu karena Peru tidak mau mengakui hasil Pilpres Venezuela yang dimenangkan oleh Maduro.

Dikutip dari Sputnik, Venezuela juga meminta agar pemerintah-pemerintah yang tidak mengakui kemenangan Presiden Nicolas Maduro, segera menarik perwakilan dan diplomatnya dari negaranya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: