Berduka atas Kematian Pemimpin Hamas, Ma'ruf Amin Sampaikan Pesan untuk Israel-Palestina

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 02 Agustus 2024 | 13:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin. (Foto/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin. (Foto/Setwapres)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin turut berduka cita atas meninggalnya Pemimpin Politik Hamas Ismail Haniyeh karena serangan udara di Tehran, Iran, Rabu (31/7/2024).

“Saya menyampaikan turut berbela sungkawa atas wafatnya Ismail Haniyeh pemimpin tertinggi Hamas, pejuang kemerdekaan,” ucap Wapres saat memberikan keterangan pers di dalam Kereta Cepat Whoosh, di Stasiun Tegalluar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (01/08/2024).

Bagi Ma’ruf, Ismail Haniyeh adalah sosok yang teguh memperjuangkan kemerdekaan bangsanya atas penjajahan yang selama ini dirasakan rakyat Palestina.

“Saya melihatnya sebagai pejuang kemerdekaan yang berjuang untuk kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel. Dan tentu kita juga (merasa) kehilangan seorang pejuang kemerdekaan,” ungkapnya.

Ma’ruf menyebut aksi ini dapat memicu konflik lanjutan yang berpotensi mengacaukan upaya damai antara Palestina-Israel.

“Saya mengkhawatirkan kejadian ini dapat menyulut ketegangan kemudian juga mengganggu upaya perdamaian. Pembunuhan ini bisa-bisa mengakibatkan rencana perundingan itu mentah kembali,” ungkapnya.

Wapres berpesan kepada kedua negara agar serangan di tengah upaya perundingan ini tidak memicu ketegangan lebih besar di Timur Tengah sehingga perdamaian dapat segera terwujud.

“Kita mengharapkan (kedua) pihak berusaha mencegah agar tidak terjadinya konflik lebih besar lagi, supaya perdamaian terus diusahakan,” tegasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: