Di Momen Penting Ini, Ma'ruf Amin Panjatkan Doa Minta Kebaikan untuk Indonesia

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 02 Agustus 2024 | 10:30 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka. (Foto/Setwapres)
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka. (Foto/Setwapres)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin dengan didampingi oleh lima tokoh lintas agama memimpin doa pada acara Zikir dan Doa Kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka yang digelar di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/8/2024) malam.

Momen ini menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 1 Agustus untuk mengawali Agustus sebagai bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada momen penting ini, Ma’ruf tentu memanjatkan doa agar Tuhan senantiasa memberikan kebaikan dan perlindungan kepada bangsa Indonesia.

“Ya Allah, jadikanlah negeri kami, Indonesia, dipenuhi dengan kemajuan, perdamaian, keadilan, kebaikan ,” pintanya seraya diamini oleh sekitar tiga ribu jemaah yang hadir.

“Ya Allah, jauhkanlah kami dari bencana, wabah, penyakit, perpecahan, kesulitan, gempa bumi, kekeringan, baik yang tampak maupun yang tersembunyi di negeri kami, terutama Indonesia, dan bagi seluruh umat Islam pada umumnya,” tambah Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur bahwa di tengah berbagai krisis ketidakpastian yang melanda dunia saat ini, Indonesia mampu terus bertumbuh. 

Namun, ia juga mengingatkan, terdapat berbagai bentuk krisis dan tantangan baru yang akan bermunculan ke depannya sehingga bangsa Indonesia harus selalu bersatu padu, saling menguatkan, saling menolong, dan saling mendoakan untuk keselamatan negeri tercinta ini.

“Saya mengajak kepada kita semuanya yang hadir untuk berdoa bersama, memohon pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar kita diberikan kemudahan untuk meraih cita-cita bangsa yang maju, bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” ungkap Presiden.

Pada acara Zikir dan Doa Kebangsaan kali ini diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), K.H. Anwar Iskandar. 

Adapun zikir bersama dipimpin oleh K.H. Muhyiddin Tohir yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir pula dalam acara ini, Ibu Hj. Iriana Joko Widodo, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Menteri Agama beserta segenap jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, para ulama dan habaib, tokoh lintas agama, pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan lembaga dakwah, pimpinan pondok pesantren, dan santri dari berbagai pondok pesantren.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: