Lewat Drama Adu Penalti, Arema FC Juara Piala Presiden 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 04 Agustus 2024 | 22:20 WIB
Arema FC di Piala Presiden 2024. (Foto/instagram/aremafc).
Arema FC di Piala Presiden 2024. (Foto/instagram/aremafc).

BeritaNasional.com - Arema FC keluar sebagai juara Piala Presiden 2024 usai mengalahkan Borneo FC di babak final. Arema FC menang lewat drama adu penalti 5-4 usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Bermain di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/8/2024), pertandingan berjalan ketat. Sepuluh menit pertama, kedua tim masih bermain hati-hati agar tidak kecolongan.

Namun selepas menit 10, Arema mencoba menciptakan peluang lewat sepakan Dalberto Luan dari luar kota penalti. Akan tetapi, bola masih melebar ke sisi gawang dari Borneo FC.

Tak mau kalah, Borneo FC juga menciptakan peluang lewat eksekusi tendangan bebas Stefano Lilipaly yang disambut oleh Ronaldo Rodrigues akan tetapi masih melambung jauh.

Skor 0-0 menutup jalannya babak pertama antara Borneo FC vs Arema FC.

Di babak kedua, laga baru berjalan empat menit, Arema mampu mencetak gol melalui sepakan Wilian Marcilio yang meluncur deras ke pojok kiri atas gawang Borneo FC. Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan Arema FC.

Borneo FC terus menyerang untuk mencari gol penyeimbang. Pada menit ke-62 tim asal Kalimantan ini mampu mencetak gol lewat Leo Gaucho usai sepakannya tidak mampu ditahan kiper Arema. Skor imbang 1-1.

Laga berjalan sedikit keras. Di menit ke-86, wasit memberikan kartu merah kepada kapten Borneo FC Stefano Lilipaly karena dianggap melakukan pelanggaran keras. Bahkan wasit sempat mengecek VAR terlebih dahulu dan mengeluarkan keputusan akhir.

Drama tidak berakhir sampai di situ, di menit ke-90+7, Arema berhasil membobol gawang Borneo untuk unggul 2-1 lewat gol Charles Lokolingoy. 

Gol ini berawal dari sundulan Dedik Setiawan yang bisa diblok kiper Borneo Nadeo Argawinata, lalu bola rebound bisa diteruskan Charles Lokolingoy menjadi gol. Namun gol dianulir karena setelah wasit mengamati VAR terbukti Dedik Setiawan lebih dulu melakukan hand ball. Skor tidak berubah tetap menjadi 1-1.

Hingga wasit meniup peluit akhir babak kedua, skor tetap imbang 1-1 dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Arema berhasil menceploskan semua kesempatan. Sementara Borneo gagal dalam satu kesempatan karena Ronaldo Rodrigues bisa dibaca oleh kiper Arema

Borneo FC pun harus kalah dengan skor 4-5. Arema pun juara lagi untuk keempat kali di Piala Presiden.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: