Gus Ipul: KTA PKB Bisa Dibuat Kapan Saja

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 07 Agustus 2024 | 11:00 WIB
Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) (Foto/Instagram/Gus Ipul)
Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) (Foto/Instagram/Gus Ipul)

BeritaNasional.com - Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, kartu tanda anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bisa dibuat kapan saja.

Hal itu dia ucapkan untuk merespons Waketum PKB Jazilul Fawaid yang menyebut dirinya dan Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf tak memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) PKB.

"Dokumennya ada, dan untuk itu tidak boleh kemudian mengabaikan sejarah, itu saja. Kalau soal KTA itu kan bisa dibuat kapan saja," ujar Gus Ipul di kantor PBNU, Selasa (6/8/2024).

Menurutnya, ada hal yang lebih penting dari pada kepemilikan KTA, yakni sejarah PKB yang lahir karena upaya dari pengurus PBNU medio 1998.

Ia pun mengklaim hubungan erat PKB-PBNU itu tercatat dalam dokumen-dokumen tertulis yang dapat dilacak dan tidak boleh diabaikan.

"Ya enggak apa-apa lah, apa saja. Yang paling penting bahwa PKB dilahirkan secara struktural oleh PBNU, itu yang perlu kami tegaskan," tuturnya.

Sebelumnya, Waketum PKB Jazilul Fawaid memastikan Gus Yahya dan Gus Ipul bukan bagian dari partainya karena tak memiliki KTA.

"KTA dari mana? Enggak ada, enggak ada KTA-nya," ujar Jazilul.

Jazilul lantas membandingkan dirinya yang mengeklaim memiliki keanggotaan jelas di dalam tubuh Nahdlatul Ulama.

Menurutnya, saat ini dirinya menjabat di surya PCNU Tangerang Selatan sekaligus Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) wilayah DKI.

Kalau saya malah jajaran surya PCNU Tangerang Selatan. Saya juga Ketua PWNU DKI," tuturnya.

 
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: