Hasil Olimpiade 2024 Angkat Besi: Eko Yuli Irawan Gugur

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 08 Agustus 2024 | 03:00 WIB
Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan saat bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. (foto/NOC Indonesia)
Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan saat bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. (foto/NOC Indonesia)

BeritaNasional.com - Eko Yuli Irawan menjadi salah satu atlet angkat besi (lifter) putra andalan Indonesia yang berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Atlet angkat besi (lifter) putra Indonesia Eko Yuli Irawan gagal mempersembahkan medali untuk Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024 pada laga angkat besi kelas 61 kg di South Paris Arena 6, Rabu (7/8/2024) waktu setempat.

Peraih medali perak di Olimpiade Tokyo 202 itu meminta maaf karena tidak mampu mempersembahkan medali.

"Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena belum bisa memberikan medali. Tapi saya sudah mencoba untuk mengeluarkan semua kemampuan saya sampai titik darah terakhir," ujarnya dalam siaran pers Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada saat tiga kali percobaan angkatan snatch, Eko gagal di angkatan pertama 135 kg, lalu berhasil di angkatan kedua 135 kg. Di angkatan ketiga, Eko yang menaikkan angkatan menjadi 139 kg kembali gagal.

Eko juga gagal di tiga kali percobaan angkatan clean and jerk 162 kg. Bahkan di percobaan ketiga, Eko sempat terjatuh setelah gagal mengangkat dan langsung memegang paha samping kanannya.

Eko tampil dengan kondisi kesehatan yang tidak prima 100 persen karena cedera kaki saya belum sembuh secara tuntas.

"Lutut sudah dari tahun lalu, kalau yang paha samping kanan baru satu bulan lalu," ujarnya.

Terkait kondisi Eko, dokter tim Indonesia Andhika Raspati mengungkapkan kondisi cedera Eko tidak terlalu parah. Dia memastikan Eko dalam kondisi baik meskipun terlihat berjalan pincang setelah tampil di arena.

"Tadi Eko bilang memang ada masalah di paha samping kanan, sudah sekitar sebulan lalu. Tadi, sempat ditawarkan untuk dibawa pakai ambulans, tapi Eko tidak mau. Kondisinya tidak separah itu, dia masih bisa jalan," ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: