10 Kata yang Jarang Dipakai Punya Makna Tak Biasa, Sabitah: Bintang Petunjuk

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 08 Agustus 2024 | 02:05 WIB
Ilustrasi kata-kata yang tak biasa. (Foto/Frepik)
Ilustrasi kata-kata yang tak biasa. (Foto/Frepik)

BeritaNasional.com - Selain kata-kata umum yang sering kamu gunakan di percakapan sehari-hari, banyak kata yang memiliki makna yang jarang diketahui.

Kosakata ini kerap dilupakan karena kurang digunakan dalam keseharian. Nah, kamu bisa lho memberikan kekayaan makna dan nilai tambah pada bahasa kita dengan menggunakan kosakata bahasa Indonesia yang ternyata maknanya tak biasa.

Berikut 10 kosakata bahasa Indonesia yang bermakna tak biasa yang bisa kamu coba gunakan dalam percakapan atau membuat suatu karya:

1. Genta

Genta memiliki arti lonceng besar yang biasanya dipasang di menara gereja. Kata ini biasanya ditemukan di buku-buku sastra klasik dan banyak digunakan sebagai nama anak. 

2. Jenggala

Jenggala memiliki arti hutan. 

3. Klandestin

Klandestin adalah kata kerja yang memiliki makna secara rahasia, secara gela, atau secara diam-diam.

4. Swakarya

Swakarya memiliki arti hasil kerja sendiri. Kata ini berhubungan dengan kreativitas.

 5. Dirgantara

Kata indah dirgantara memiliki arti segala sesuatu yang ada di atas bumi, meliputi langit dalam atmosfer hingga luar angkasa.

 6. Nirwana

Nirwana berarti surga. Dalam arti lainnya, nirwana merupakan konsep Buddha tentang keadaan setelah mati yang tanpa penderitaan (sehingga tidak perlu bereinkarnasi).

7. Menjura

Menjura artinya membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan. Maksudnya adalah sebuah posisi tubuh dengan maksud menghormat.

8. Meraki

Meraki memiliki arti melakukan sesuatu dengan cinta, kreativitas, dan sepenuh jiwa.

9. Nirmala

Nirmala adalah sebuah kosakata indah di bahasa Indonesia yang berarti tanpa cacat cela, bersih, suci, dan tidak bernoda.

10. Sabitah

Sabitah adalah bintang yang dari bumi, posisinya tampa tetap dan tidak bergerak. Biasanya bintang ini menjadi penunjuk arah bagi nelayansinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: