Olimpiade 2024: Rizki Juniansyah Sumbang Emas untuk Indonesia dari Angkat Besi

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 09 Agustus 2024 | 06:54 WIB
Lifter kebanggaan Indonesia, Rizki Juniansyah mempersembahkan medali emas kedua buat Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (Foto/NOC Indonesia).
Lifter kebanggaan Indonesia, Rizki Juniansyah mempersembahkan medali emas kedua buat Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (Foto/NOC Indonesia).

BeritaNasional.com - Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah berhasil menyabet medali emas pada pertandingan angkat besi kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024  di South Paris Arena 6, Prancis, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Rizki berhasil menyelesaikan laga dengan total angkatan seberat 354 kg, setelah sukses mengangkat beban 155 kg dan angkatan clean dan jerk 199 kg.

Rizki berhasil menyelesaikan angkatan snatch pada percobaan kedua dengan angkatan 155 kg setelah sebelumnya gagal pada percobaan pertama.

Pada percobaan ketiga snatch, Rizki gagal mengangkat beban seberat 162 kg.

Pada angkatan snatch, Rizki bersama lifter Kolombia Mosquera Luis yang juga berhasil dengan angkatan 155 kg berada di posisi kedua, di bawah lifter China Shi Zhiyong yang mencatatkan beban angkatan 165 kg pada percobaan kedua.

Kemudian, Shi Zhiyong mencoba pada angkatan ketiga snatch dengan berat 168 kg, namun masih gagal pada angkatan ketiga.

Rizki kemudian mencoba mengejar pada angkatan clean and & jerk.

Pada percobaan pertama Rizki berhasil mengangkat beban seberat 191 kg. Rizki kemudian menambah beban menjadi 199 kg pada percobaan kedua dan berhasil diselesaikan dengan gemilang.

Beban angkatan Rizki tersebut sekaligus memecahkan rekor angkatan clean & jerk Olimpiade. Sementara pesaingnya lifter China Shi Zhiyong di angkatan snatch, gagal dalam tiga percobaan pada angkatan clean & jerk.

Rizki berhasil naik podium tertinggi dan membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya kembali berkumandang di Olimpiade Paris 2024 setelah atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo lebih dulu meraih medali emas, Kamis (8/8/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: