Bangladesh Lantik Ketua Mahkamah Agung Baru Gantikan Antek Sheikh Hasina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 12 Agustus 2024 | 18:32 WIB
Sheikh Hasina melarikan diri ke India (Foto/X Sheikh Hasina)
Sheikh Hasina melarikan diri ke India (Foto/X Sheikh Hasina)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina akhirnya memutuskan mengundurkan diri di tengah desakan mundur dari mahasiswa pengunjuk rasa. Ia meninggalkan negara tersebut dan lari ke India dengan pesawat terbang bersama saudaranya.

Keputusan Hasina diambil setelah kekerasan yang paling mematikan sejak negara Asia Selatan itu berdiri lebih dari lima dekade lalu menyebabkan jumlah korban terus meningkat.

Kepala Angkatan Darat Jenderal Waker Us Zaman mengatakan, Hasina telah meninggalkan negara tersebut. Ia juga mengumumkan pemerintahan transisi.

Sementara itu, peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus ditunjuk untuk memimpin Pemerintah Transisi Bangladesh. Ini sesuai dengan pernyataan resmi dari kantor Presiden Mohammad Shahabuddin. Apalagi mahasiswa pengunjuk rasa menolak dipimpin oleh militer, akhirnya Zaman memilih Yunus.

Dikutip dari AFP, Juru Bicara Presiden Shiplu Zaman mengatakan, Syed Refaat Ahmed dilantik jadi Ketua Mahkamah Agung (MA) yang baru. Ia menjadi Ketua MA yang ke 25.

Amhed sendiri belajar di Universitas Dhaka, Oxford dan Universits Tufts di AS. Ia menggantikan Ketua MA sebelumnya yang dianggap sebagai antek Hasina.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: