Pusat Studi Arsip Kepresidenan akan Dibangun di IKN

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 13 Agustus 2024 | 01:00 WIB
Ilustrasi IKN (Foto/BPMI)
Ilustrasi IKN (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Pelaksana Tugas Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto mengatakan, pusat studi arsip kepresidenan bakal dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pusat studi arsip kepresidenan dibangun di Jakarta untuk pertama kali. Nanti juga akan dibangun di IKN," kata Imam.

Ia menyampaikan hal tersebut saat ditemui usai membuka Pameran Arsip Bung Hatta dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Sang Proklamator yang ke-122 pada hari ini.

"Guna memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 RI ini, salah satu program ANRI adalah menyelenggarakan pameran bersama tentang Bung Hatta, kemudian kita bersama Sekretariat Negara (Setneg) juga melakukan kerja sama pameran untuk pindah ibu kota, kita punya arsip-arsip tentang pindah bersama Setneg, dan itu dipamerkan di Taman Ismail Marzuki," katanya.

Awalnya ANRI akan menyelenggarakan pameran di IKN karena arsip-arsip sudah siap, tetapi di IKN belum tersedia lokasinya.

"Tetapi nanti akan kita adakan. Setiap Bulan Agustus kita menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperingati Bulan Kemerdekaan dan Bulan Bung Hatta dalam bentuk pameran, seminar. Ini merupakan berbagai kegiatan agar memori kolektif bangsa tumbuh untuk mengenang kemerdekaan," katanya.

Dikutip dari Antara, peran arsiparis sangat penting untuk menjaga warisan arsip dari para tokoh bangsa. "Kami sebagai arsiparis terus menjaga warisan arsip-arsip dari tokoh bangsa dan berusaha untuk terus menyebarluaskan kepada masyarakat agar warisan mereka tetap terjaga dan menjadi inspirasi bangsa," ujarnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: