Kebakaran di Manggarai: Hambatan Akses dan Kebutuhan Air Perumit Pemadaman

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 13 Agustus 2024 | 16:56 WIB
Situasi kebakaran di Manggarai, Jakarta Selatan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Situasi kebakaran di Manggarai, Jakarta Selatan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Syamsul Huda, mengungkapkan bahwa terdapat hambatan dalam memadamkan kebakaran yang terjadi di lingkungan padat permukiman RW 06 dan RW 12, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan.

Syamsul menjelaskan bahwa proses pemadaman sedikit terkendala karena sulitnya akses menuju lokasi. Jalan di area tersebut sangat sempit dan banyak mobil warga yang diparkir di badan jalan.

"Kami juga menghadapi kendala dalam pemenuhan kebutuhan air untuk penyemprotan. Banyaknya bangunan non-permanen dan tiupan angin yang berpindah turut memicu api cepat membesar dan meluas," kata Syamsul kepada wartawan, Selasa (13/8/2024).

Syamsul menambahkan bahwa para personel di lapangan harus membobol sejumlah tembok untuk membuka akses jalan guna memudahkan penanganan kebakaran.

"Untuk mencapai titik sumber api, kami harus membobol tembok yang menghalangi. Itu menjadi satu akses penting agar pemadaman lebih efektif," ujarnya.

Hingga saat ini, proses pendinginan masih berlangsung untuk memastikan api tidak menyala kembali.

"Banyak bahan bangunan yang mudah terbakar, jadi kami terus memeriksa ratusan rumah yang terbakar ini untuk memastikan tidak ada penyalaan api yang tersisa," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: