Jokowi soal Airlangga Mundur dari Ketum Golkar: Itu Urusan Internal Partai!

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 22:44 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan ihwal mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Menurut Jokowi, pengunduran itu tersebut adalah urusan partai berlogo pohon beringin tersebut.

“Urusan Airlangga urusan internal partai, ada proses dan mekanisme ditanya ke Golkar dan Pak Airlangga,” kata Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Maka dari itulah, Kepala Negara menegaskan bahwa dirinya tidak bakal ikut campur terhadap urusan partai politik. Begitu juga dengan mundurnya Airlangga Hartarto sebagai ketum Golkar.

“Jangan saya campuri urusan partai,” tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi menegaskan anggapan mengenai dirinya cawe-cawe di internal Golkar. Secara tega dia memastikan tidak ada yang dilakukan olehnya.

“Tidak ada,” tandasnya.

Sebelumnya Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024). Dia menegaskan bahwa pengunduran dirinya efektif sejak Sabtu malam, 10 Agustus 2024, setelah melalui pertimbangan matang.

"Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, saya dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dan atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," ujarnya dalam video yang diterima Beritanasional.com.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: