Ahok Siap Dukung Anies Baswedan jika Diusung PDIP di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 14 Agustus 2024 | 16:45 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kiri) dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan). (Foto/PDIP).
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kiri) dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan). (Foto/PDIP).

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok siap mendukung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta apabila PDIP mengusungnya. Sebagai kader, Ahok harus mengikuti apa yang menjadi keputusan partai.

"Kalau sebagai kader, ini salah satu syarat jadi kader pelopor PDI Perjuangan itu adalah disiplin berorganisasi. Apapun keputusan dari partai, itu seluruh kader harus taat. Kalau tidak, ya keluar," kata Ahok di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Ahok tidak ingin menjawab peluangnya berpasangan dengan Anies di Pilgub Jakarta 2024. Karena berdasarkan undang-undang, Ahok yang sudah pernah jadi gubernur tidak bisa menjadi calon wakil gubernur.

"Jangan berandai, karena secara undang-undang nggak bisa," kata Ahok.

Terkait peluang Anies diusung sebagai calon gubernur dari PDIP, Ahok bicara bahwa partai pasti akan mendahulukan kadernya. Ia yakin PDIP tidak akan mengambil tokoh eksternal bila kadernya siap.

"Jadi kita tuh, yang saya tahu, PDI Perjuangan tidak mungkin mengambil orang dari luar selama kadernya siap," kata Ahok.

Mantan gubernur Jakarta ini mengatakan, saat ini PDIP terus membuka komunikasi politik dengan PKB sampai PKS untuk mengusung calon gubernur di Jakarta.

"Saya tidak tahu persis. tapi dari sekjen sama tim pilkada, mereka memang melakukan komunikasi terus dengan beberapa partai. Terutama dengan PKS dan PKB," kata Ahok.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: