Hamas: Netanyahu Tidak Tertarik untuk Capai Kesepakatan Gencatan Senjata

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 15 Agustus 2024 | 04:00 WIB
Benjamin Netanyahu tidak ingin gencatan senjata (Foto/X Netanyahu)
Benjamin Netanyahu tidak ingin gencatan senjata (Foto/X Netanyahu)

BeritaNasional.com - Hamas mengirimkan sinyal bahwa mereka tidak ingin terlibat negosiasi dengan Israel pasca-pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Hamas tidak percaya Israel punya itikad baik.

Seorang pejabat Hamas mengatakan, Hamas tidak akan mengambil bagian dalam putaran pembicaraan gencatan senjata dengan Israel. Ini mengirimkan pesan kuat bahwa terobosan apa pun dalam negosiasi masih sulit dicapai antara Hamas dan Israel.

Meski demikian, Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir terus meningkatkan tekanan pada Hamas dan Israel untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata guna mengakhiri agresi militer Israel di Gaza, Palestina.

Dikutip dari The New York Times, Wakil Hamas di Lebanon, Ahmad Abdul Hadi mengatakan, Hamas telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam perundingan karena para pemimpinnya tidak berpikir bahwa Pemerintah Israel, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu siap berunding dengan itikad baik.

"Netanyahu tampak tidak tertarik untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas untuk mengakhiri agresi Israel sepenuhnya," kata Hadi. 

"Netanyahu hanya ingin menipu dan mengelak. Ia juga sangat ingin memperpanjang perang dan agresi militernya di Gaza. Bahkan ia memperluasnya di tingkat regional," terang Hadi.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: