Usman Kansong Resmi Mundur dari Dirjen IKP Kemenkominfo

Oleh: Imantoko Kurniadi
Rabu, 14 Agustus 2024 | 17:46 WIB
Usman Kansong mundur dari posisi Dirjen IKP Kemenkominfo, melanjutkan pekerjaan di bidang komunikasi publik di luar pemerintahan. (BeritaNasional/Instagram)
Usman Kansong mundur dari posisi Dirjen IKP Kemenkominfo, melanjutkan pekerjaan di bidang komunikasi publik di luar pemerintahan. (BeritaNasional/Instagram)

BeritaNasional.com -  Usman Kansong secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) setelah lebih dari tiga tahun menjabat.

"Saya resmi mengundurkan diri dari posisi Dirjen IKP Kemenkominfo per 13 Agustus. Saya akan melanjutkan pekerjaan di bidang komunikasi publik di luar pemerintahan," ujarnya dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu, seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/8/2024).

Usman Kansong menjabat sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik sejak Agustus 2021. Sebelumnya, ia dikenal sebagai jurnalis dengan posisi terakhir sebagai Direktur Pemberitaan di Media Indonesia pada 2020.

Selama periode 2000-2009, ia bekerja di Metro TV sebagai News Current Affairs Manager. Lahir di Jakarta pada 13 April 1970, Usman juga memiliki pengalaman bekerja di Harian Republika dari 1995 hingga 2000.

Latar belakang pendidikannya mencakup gelar dari Ilmu Komunikasi FISIP USU, Medan, Sumatra Utara (1994) dan Program Pascasarjana Sosiologi di Universitas Indonesia (2005).

Selain itu, ia pernah menjabat di Dewan Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk), mendapatkan beasiswa Chavening di London dan Skotlandia (2003), serta fellowship dari East-West Center, Honolulu, Amerika Serikat.

Usman juga berpartisipasi dalam “people to people diplomacy” yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Rusia dan Belarusia (2015) serta Amerika Serikat (2016).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: