Upacara HUT Ke-79 RI di IKN Gunakan 100 Persen Listrik dari Energi Hijau

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 09:30 WIB
Lokasi upacara HUT Ke-79 RI di IKN. (Foto/Humas OIKN)
Lokasi upacara HUT Ke-79 RI di IKN. (Foto/Humas OIKN)

BeritaNasional.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024) menggunakan 100 persen listrik dari energi hijau.

Hal tersebut merupakan wujud komitmen PLN dalam mendukung pembangunan kelistrikan IKN dengan konsep green, smart, & beautiful.

Apalagi, pemerintah mengampanyekan IKN sebagai kota hijau, futuristik, dan berkelanjutan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menuturkan upacara HUT Ke-79 RI menjadi momen bersejarah bagi Indonesia.

“PLN siap all-out dalam menghadirkan suplai listrik hijau 100 persen yang andal demi kelancaran upacara Kemerdekaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara,’’ ungkapnya yang dikutip dari laman BUMN pada Jumat (16/8/2024).

Darmawan menjelaskan suplai listrik hijau 100 persen didukung dari produksi listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang telah mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt (MW).

Angka ini jauh lebih besar dari proyeksi kebutuhan listrik untuk perayaan HUT RI, yaitu sekitar 1,5 MW. Kapasitas ini terus ditingkatkan menjadi 50 MW pada akhir 2024.

Ketersediaan pasokan ini juga didukung pengoperasian gardu induk berteknologi Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN dengan kapasitas 2x60 Mega Volt Amphere (MVA).

Selain itu, PLN telah merampungkan pembangunan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr).

"Kehadiran gardu induk ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan perayaan HUT RI ke-79, tetapi juga untuk memastikan ketersediaan listrik jangka panjang di IKN,” ucapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: